Home > Psikologi dan Jiwa > Dukungan Sosial

Dukungan Sosial



Definisi Dukungan Sosial

Terdapat banyak definisi tentang dukungan sosial yang dikemukakan oleh para ahli. Sheridan dan Radmacher menekankan pengertian dukungan sosial sebagai sumber daya yang disediakan lewat interaksi dengan orang lain. “ Social support is the resources provided to us through our interaction with other people ”. (Sheridan dan Radmacher, 1992).

Pendapat lain dikemukakan oleh siegel yang menyatakan bahwa dukungan sosial adalah informasi dari orang lain bahwa ia dicintai dan diperhatikan, memiliki harga diri dan dihargai, serta merupakan bagian dari jaringan komunikasi dan kewajiban bersama. “ Social support is information from others that one is loved and cared for, esteemed and valued, and part of a network of communication and mutual obligation “ (Siegel dalam Taylor, 1999).

Dari beberapa definisi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa dukungan sosial merupakan ketersediaan sumber daya yang memberikan kenyamanan fisik dan psikologis yang didapat lewat pengetahuan bahwa individu tersebut dicintai, diperhatikan, dihargai oleh orang lain dan ia juga merupakan anggota dalam suatu kelompok yang berdasarkan kepentingan bersama.

Sumber Dukungan Sosial

Dari definisi diatas dapat dilihat dengan jelas bahwa sumber dari dukungan sosial ini adalah orang lain yang akan berinteraksi dengan individu sehingga individu tersebut dapat merasakan kenyamanan secara fisik dan psikologis. Orang lain ini terdiri dari pasangan hidup, orang tua, saudara, anak, kerabat, teman, rekan kerja, staf medis serta anggota dalam kelompok kemasyarakatan.

Bentuk Dukungan

Sheridan dan Radmacher (1992), sarafino (1998) serta Taylor (1999) membagi dukungan sosial kedalam lima bentuk. Yaitu :

1. Dukungan instrumental (tangible assisstance)

Bentuk dukungan ini merupakan penyediaan materi yang dapat memberikan pertolongan langsung seperti pinjaman uang, pemberian barang, makanan serta pelayanan. Bentuk dukungan ini dapat mengurangi stress karena individu dapat langsung memecahkan masalahnya yang berhubungan dengan materi. Dukungan instumental sangat diperlukan terutama dalam mengatasi masalah dengan lebih mudah.


2. Dukungan informasional

Bentuk dukungan ini melibatkan pemberian informasi, saran atau umpan balik tentang situasi dan kondisi individu, Jenis informasi seperti ini dapat menolong individu untuk mengenali dan mengatasi masalah dengan lebih mudah.

3. Dukungan emosional

Bentuk dukungan ini membuat individu memiliki perasaan nyaman, yakin, diperdulikan dan dicintai oleh sumber dukungan sosial sehingga individu dapat menghadapi masalah dengan lebih baik. Dukungan ini sangat penting dalam menghadapi keadaan yang dianggap tidak dapat dikontrol.

4. Dukungan pada harga diri

Bentuk dukungan ini berupa penghargaan positif pada individu, pemberian semangat, persetujuan pada pendapat induividu, perbandingan yang positif dengan individu lain. Bentuk dukungan ini membantu individu dalam membangun harga diri dan kompetensi.

5. Dukungan dari kelompok sosial

Bentuk dukungan ini akan membuat individu merasa anggota dari suatu kelompok yang memiliki kesamaan minat dan aktifitas sosial dengannya. Dengan begitu individu akan merasa memiliki teman senasib.

Dampak Dukungan Sosial

Bagaimana dukungan sosial dapat memberikan kenyamanan fisik dan psikologis kepada individu dapat dilihat dari bagaimana dukungan sosial mempengaruhi kejadian dan efek dari stress. Lieberman (1992) mengemukakan bahwa secara teoritis dukungan sosial dapat menurunkan kecenderungan munculnya kejadian yang dapat mengakibatkan stress. Apabila kejadian tersebut muncul, interaksi dengan orang lain dapat memodifikasi atau mengubah persepsi individu pada kejadian tersebut dan oleh karena itu akan mengurangi potensi munculnya stress.

Dukungan sosial juga dapat mengubah hubungan anatara respon individu pada kejadian yang dapat menimbulkan stres dan stres itu sendiri, mempengaruhi strategi untuk mengatasi stres dan dengan begitu memodifikasi hubungan antara kejadian yang menimbulkan stres mengganggu kepercayaan diri, dukungan sosial dapat memodifikasi efek itu.

Dukungan sosial ternyata tidak hanya memberikan efek positif dalam memepengaruhi kejadian dan efek stres. Dalam Safarino (1998) disebutkan beberapa contoh efek negatif yang timbul dari dukungan sosial, antara lain :

1. Dukungan yang tersdia tidak dianggap sebagai sesuatu yang membantu. Hal ini dapat terjadi karena dukungan yang diberikan tidak cukup, individu merasa tidak perlu dibantu atau terlalu khawatir secra emosional sehingga tidak memperhatikan dukungan yang diberikan.

2. Duklungan yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan individu.

3. Sumber dukungan memberikan contoh buruk pada individu, seperti melakukan atau menyarankan perilaku tidak sehat.

4. Terlalu menjaga atau tidak mendukung individu dalam melakukan sesuatu yang diinginkannya. Keadaan ini dapat mengganggu program rehabilitasi yang seharusnya dilakukan oleh individu dan menyebabkan individu menjadi tergantung pada orang lain.

About these ads
Categories: Psikologi dan Jiwa
  1. sigit
    October 17, 2008 at 3:01 am

    bagamana mengukur tingkat dukungan sosial pada pasangan ketika salah satu dari pasangan mengalami sakit? mungkin sumber buku atau jurnal mohon di email ke kami.
    terimakasih atas bantuannya

  2. intan
    October 21, 2008 at 9:06 am

    hii bs mnta referensi buku ga?ttg dukungan social.coz mau buat daftar pustakanya ni.sy ambl topik dukungan sosial buat skripsi sy..trim ya..

    • ami
      October 21, 2009 at 1:20 pm

      Saya minta referensi bukunya dunk..
      makasi sebelumnya..

    • siti aisyah
      April 22, 2010 at 10:07 am

      kalau dapat bagi-bagi ya… referensinya…

  3. aziz
    January 27, 2009 at 12:58 pm

    bisa minta tolong referensi bukunya bwat bikin skripsi, topik sy tentang hubungan antara dukungan sosial dengan ketakutan sukses pd wanita karier, trimaksih…. ;)

    • ony
      July 27, 2012 at 5:03 am

      aziz :
      bisa minta tolong referensi bukunya bwat bikin skripsi, topik sy tentang hubungan antara dukungan sosial dengan ketakutan sukses pd wanita karier, trimaksih…. ;)

      maaf, apakah anda sudah mendapatkan referensi buku mengenai topik”hub antara dukungan sosial dengan fear of success?” karena saya juga akan meneliti tentang 2 variabel tersebut. mohon bantuannya. terimakasih

      • rini
        November 6, 2012 at 5:47 pm

        saya juga meneiti tentang itu apakah km mendapat referensinya? bagi – bagi

  4. achie
    March 11, 2009 at 7:07 am

    minta referensi bukunya dung!!!
    butuh banget nih….
    makasih…

  5. uthe
    March 23, 2009 at 2:10 pm

    sy lagi bikin skripsi ttg hubungan persepsi dukungan sosial dan penerimaan diri suami dari penderita kanker payudara. bisa minta referensi gitu.
    usulan alat tes yang uda valid juga?
    thx so much!

    • acuy
      March 11, 2013 at 2:40 pm

      saya lagi neliti tentang penerimaan diri nih, boleh minta referensi tentang penerimaan dirinya. kirim email saya yaaa. makasih :)

  6. Dwi Astuti
    April 3, 2009 at 4:40 am

    Saya juga ingin minta tolong beri tahu referensi buku tentang dukungan sosial.Terima kasih.

    • June 16, 2009 at 11:59 pm

      A jg lg skrpsi ttg dkungan sosial ne..
      Blh mnta g rfrensi bkuny apa aj?
      Thanks y

  7. June 16, 2009 at 11:56 pm

    Mnta donk refrensi bku ttg dukungan sosial bwt skrpsi..
    Thanks y

  8. Linda
    July 20, 2009 at 1:57 pm

    Tolong ya,kirimi aq referensi about dukungan sosial,bukunya apa?

  9. edi
    October 5, 2009 at 10:58 am

    saya butuh pengertian kata dukungan untuk literatur TA saya!!!! mohon bantuannya

  10. ria
    October 21, 2009 at 1:35 pm

    minta referensinya tentang dukungan sosial ya..
    makasi…

  11. Ervina
    February 21, 2010 at 4:53 am

    Sama seperti yg lainnya, saya minta tolong diberikan referensi ttg dukungan sosial kaitannya dengan stres… sehubungan dengan skripsi yg saya kerjakan,… trimakasih sebelumnya,,,

  12. esti
    February 22, 2010 at 9:34 am

    sore,,,saya mau minta bantuan untuk daftar pustaka artikel ini tolong dikirimkan ke email saya.terima kasih

  13. March 5, 2010 at 4:46 pm

    Maaf, saya boleh minta daftar pustaka nya, soal nya saya jg lagi skripsi, dan membahas tentang dukungan sosial. terima kasih ya sebelumnya….

  14. any
    March 30, 2010 at 3:45 pm

    maaf saya boleh minta referensinya ga ya saat ini saya lagi buat skripsi judulnya tentang dukungan sosial dan self-esteem pada remaja tunarungu.thanks

  15. Kristien
    April 21, 2010 at 8:07 am

    selamat siang..
    Bisakah saya minta daftar pustakanya? saya sedang menyusun skripsi ttg dukungan sosial, jd saya sangat butuh referensinya,,
    terima kasih banyak…

    • siti aisyah
      April 22, 2010 at 10:05 am

      kalau dapat bagi-bagi dong…

    • Bell
      August 31, 2010 at 3:23 pm

      klo udh dpt bagi2 ya…. :)

  16. siti aisyah
    April 22, 2010 at 10:03 am

    Tlg bantu minta referensi buku tentang dukungan sosial terhadap peningkatan motivasi kl ada cth skripsi ttg itu. trims

  17. ayu
    April 25, 2010 at 1:44 am

    sebelumnya mf.. blh minta referensi buku2 tntang dukungan sosial, sy sedang menyusun skripsi tentang dukungan sosial. tlg dikirim di email sy. mhn bantuannya, terima kasih byk

    • Bell
      August 31, 2010 at 3:20 pm

      aq blh mnt referensi ny jg??

  18. yude
    May 17, 2010 at 3:51 am

    aku minta referensi bukunya donkk.
    please bwt skrripsii..

    di tunggu ya balesannya..
    makasihh

  19. ika
    June 2, 2010 at 2:01 am

    aku minta referensinya bukunya juga dunk…
    untuk skripsiku…
    makasih…

  20. septi wahyuningsih
    June 4, 2010 at 1:59 pm

    ass… maf seblumnya boleh gabung kan … nih saya ada sedikit masalah tentang reverensi social support diman kita membutuhkan teori tetapi kita disuruh tahunnya 2005 keatas ,, kira bisah gak bantu saya untuk skripsi kita , sbumnya trimakasi. WSS?

  21. creasoft
    June 5, 2010 at 2:39 am

    Jurnal :
    http://www.cpeip.fsu.edu/resourceFiles/resourceFile_77.pdf
    http://www.psy.cmu.edu/~scohen/schealthpsy88.pdf
    repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14541/1/09E00847.pdf
    http://www.psych.ucsb.edu/~d_sherma/kimshermantaylor.ap.2008.pdf
    Buku :
    Niven, Neil. 2005. Psikologi Kesehatan. Jakarta : Erlangga

    • Bell
      August 31, 2010 at 3:25 pm

      aq mnt referensi yg lain ny dong… thx

  22. ema nur sa'diyah
    June 15, 2010 at 12:07 pm

    Ass…
    saya butuh bgt refrensi skripsi ttg dukungan sosial terhadap proses rehabilitasi narkoba.
    kalau berkenan krim di email saya..Thank’s

  23. Titin
    June 26, 2010 at 11:40 am

    Selamat malam,
    mohon bantuannya jika tahu mengenai referensi dukungan sosial dengan sinergi kerja, saat ini saya sedang membutuhkannya untuk skripsi saya. jika berkenan dapat di kirim melalui email saya.
    sebelumnya terima kasih atas perhatiannya

  24. Bell
    August 31, 2010 at 3:18 pm

    selamat malam…
    sya butuh referensi buku2 ttg dukungan sosial,, karena sya sdg menyusun skripsi ttg dukungan sosial..
    sya sgt butuh referensi ny,,
    mohon bantuan ny….
    terima kasih

  25. dewi
    December 30, 2010 at 2:05 pm

    Artikel yg bagus,,bs untuk inspirasi nich. Tapi saya jg butuh bukunya jg.,
    Referensi bukunya apa ya cz ku mau buat KTI nich
    Makasih nd Kutunggu Yach,..

  26. erika
    January 25, 2011 at 8:48 am

    saya lagi menyusun tesis tentang hubungan dukungan sosial pada ibu dengan BBLR, mohon info referensi buku dan jurnal yg dapat saya gunakan. makasih… ditunggu bgt…

  27. virgan
    January 27, 2011 at 7:15 am

    Wah bermanfaat banget nih, kebetulan lagi bikin penelitian yang berhubungan dengan dukungan sosial.

    http://www.berkembang.net

  28. vhara
    March 2, 2011 at 9:56 pm

    Selamat malam,
    mohon bantuannya jika tahu mengenai referensi dukungan sosial dengan sinergi kerja, saat ini saya sedang membutuhkannya untuk skripsi saya. jika berkenan dapat di kirim melalui email saya.
    sebelumnya terima kasih atas perhatiannya

  29. vhara
    March 2, 2011 at 9:58 pm

    minta referensinya iaa..
    dikirim ke email saya klo boleh..
    trimakasih..

  30. zapeen ancol
    March 7, 2011 at 5:42 pm

    bos, sya mnt referensi x, dong

  31. ira
    December 27, 2011 at 10:01 am

    selamat sore,,,
    mohon bantuannya jika tahu ada penelitian tentang pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik

  32. ira
    December 27, 2011 at 10:06 am

    selamat sore..mohon bantuannya jika tahu ada penelitian tentang dukungan sosial terhadap stres akademik siswa/mahasiswa. saat ini saya sedang menyusun skripsi dan sangat butuh info tentang itu,,terimakasih. jika dibolehkan,,tolong di kirim ke email saya yaa…

  33. novy
    March 12, 2012 at 9:40 am

    mat sore,,mohon bantuan untuk penelitian saya tentang dukungan sosial terhadap mekanisme koping pada lansia di panti sosial,,terima kasih saya sangat mengharapkan bantuannya,,,

  34. Anonymous
    August 3, 2012 at 2:13 pm

    minta dunk refrensi dukungan sosial…tk

  35. December 7, 2012 at 7:29 am

    selamta siang …
    bagus nih artikelnya …
    TOP banget ..
    g’bosen berkunjung di sini ,, selallu mendapat ilmu yang bermanfaat ..

    thankss..

  36. rainy
    December 11, 2012 at 11:20 am

    boleh minta reflensi bukunya juga?

    • creasoft
      December 21, 2012 at 12:37 am

      Untuk mendapatkan referensinya anda bisa menghubungi kami melalui info@morningcamp.com Thx

  1. March 2, 2011 at 5:20 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: