Home > Nutrisi > GAKY

GAKY



Kebutuhan Yodium

Kebutuhan yodium per hari manusia berkisar antara 100mg – 300 mg , sedangkan konsumsi garam bervariasi antara 5-10 gram per orang per hari. Sehingga tidak ada suatu standar yang baku untuk jumlah yodium yang harus ditambahkan ke dalam garam (NN, 2003).

Persyaratan Garam Sehat

a. Garam sehat adalah garam konsumsi yang telah dikonfirmasikan dengan yodium yang cukup untuk untuk kebutuhan tubuh, yaitu mengandung kadar yodium 30 – 40 ppm, dan kandungan air < 52.

b. Garam yodium diharuskan dikonsumsi seluruh penduduk baik di daerah endemic maupun di daerah bukan endemic

c. Konsumsi garam yodium rata-rata per orang per hari 10 gr dan kebutuhan ion yodium sebesar 150-200 mikrogram per orang per hari bila konsmsi rata-rata

d. Batas maxsimal konsumsi ion yodium yang dapat di toleler oleh tubuh adalah 2.000 mikrogram per orang per hari.

e. Bila konsumsi rata-rata 25-60 ug seseorang sehari, akan terdapat kasus goiter, tetapi tidak banyak terlihat kasus cretinism.

Pengelolaan garam sehat

a. Penyimpanan

Garam yodium perlu di simpan :

1) Di bejana atau wadah tertutup

2) Tidak kena cahaya

3) Tidak dekat dengan tempat lembab air, hal ini untuk menghindari penurunan kadar yodium dan meningkatkan kadar air, karena kadar yodium menurun bila terkena panas dan kadar air yang tinggal akan melekatkan yodium.

b. Penggunaan garam yodium

Cara penggunaan garam yodium:

1) Tidak di bumbukan pada sayuran mendidih, tetapi dimasukkan setelah sayuran diangkat dari tungku, kadar KIO3 dalam makanan akan terjadi penurunan setelah dididihkan 10 menit.

2) Kadar yodium juga akan menurun pada makanan yang asam, makin asam makanan makin mudah menghilangkan KIO3 dari makanan tersebut.

Proses perusak terhadap kandungan yodium

a) Merebus (terbuka) kadar yodium hilang ± 50 %

b) Menggoreng kadar yodium hilang ± 35 %

c) Memanggang kadar yodium hilang ± 25 %

d) Brengkesan atau pepesan kadar yodium hilang ± 10 %

Ciri-ciri garam Yang Baik di Pasaran

i. Berlabel mengandung yodium

ii. Berwarna putih bersih.

iii. Kering

iv. Kemasan baik / tertutup rapat.

Cara mengetahui kadar yodium dalam garam

Untuk mengetahui kadar iodium dalam garam dapat dilakukan pengetesan dengan cara :

a. Dengan Yodida / Test Kit

Caranya:

1) Ambil 1 sendok teh garam, lalu tetesi dengan cairan yodida.

2) Tunggu beberapa menit sampai terjadi perubahan warna pada garam dari putih menjadi biru keunguan (pada garam beryodium).

3) Bandingkan dengan warna yang ada pada kit yang tertera pada kemasan.

b. Dengan parutan singkong.

Bila tidak tersedia test kit atau cairan yodida, maka ada cara yang sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi yaitu dengan parutan singkong.

Caranya :

1) Kupas singkong yang masih segar, kemudian parut dan peras tanpa air.

2) Tuang 1 sendok perasan singkong parut tanpa di tambah air ke dalam tempat yang bersih.

3) Tambahkan 4 – 6 sendok teh munjung garam yang akan diperiksa.

4) Tambahkan 2 sendok teh cuka, aduk sampai rata, biarkan beberapa menit. Bila timbul biru keunguan berarti garam tersebut mengandung yodium.

Gangguan Akibat Kurang Yodium

Penggunaan garam beryodium akan membantu tubuh untuk memperoleh yodium karena yodium tidak dapat diproduksi oleh tubuh secara alamiah. Salah satu manifestasi gambaran penyakit kekurangan zat yodium yang menonjol adalah pembesaran kelenjar thyroid yang disebut penyakit gondok oleh awam atau nama ilmiahnya struma simplex. Karena terdapat endemik di wilayah-wilayah tertentu yang kekurangan yodium, disebut endemic goiter. Defisiensi yodium memberikan juga berbagai gambaran klinik lain, sehingga defisiensi yodium sekarang diberi pengertian luas, mencakup berbagai gambaran klinik lainnya yang disangka ada hubungan dengan kondisi kekurangan zat gizi yodium itu, sehingga disebut Iodine Deficiency Deases (IDD).

Sudah menjadi konsensus diantara para ahli bahwa manifestasi defisiensi yodium terjadi karena kekurangan hormon thyroxin, yang dihasilkan oleh kelenjar thyroid. Kelenjar ini terletak di daerah leher, disamping kiri dan kanan di bawah jakun.

Hubungan Defisiensi Yodium dengan Gondok Endemik

Yodium merupakan komponen struktural dari hormon thyroxin yang dihasilkan oleh kelenjar thyroid. Pada defisiensi yodium pembentukan hormon thyroxin terhambat, sehingga tidak mencukupi kebutuhan. Maka kelenjar thyroid berusaha mengadakan kompensasi dengan menambah jaringan kelenjar, sehingga terjadi hypertrophy kelenjar thyroid yang disebut strauma simplex (pembesaran kelenjar thyroid), dan karena terjadi didaerah tertentu secara endemik, disebut juga dengan gondok endemik (endemic goiter).

Perlu diketahui bahwa strauma tidak hanya terjadi karena defisiensi yodium, tetapi juga dapat terjadi karena sebab-sebab lain, misalnya karena infeksi.

Pengaruh Hormon Thyroxin

Thyroxin berpengaruh kepada banyak fungsi tubuh, dan merupakan hormon pertumbuhan (growth hormone).

Pengaruh Thyroxin Terhadap Metabolsme Umum

Thyroxin menggiatkan proses metabolisme secara umum dan menyeluruh, terutama proses-proses oksidatip. Pembuatan energi oksidatip misalnya menggiatkan proses-proses yang merangsang dan mendukung siklus kerbs di dalam mitochondry, meningkatkan penggunaan oksigen, glukosa, lemak dan protein. Penngkatan metabolisme sumber energi utama ini (karbohidrat, lemak dan protein) mengakibatkan kebutuhan vitamin-vitamin yang meninggi, BMR (basal metabolisme rate) meningkat sampai 15% diatas BMR normal. Peningkatan kebutuhan vitamin dapat mencapai taraf defisiensi, bila konsumsi tidak diperhatikan dan simpanan cadangan didalam tubuh rendah. Thyroxin menggiatkan pertumbuhan tulang belakang dan hormon, ini diperlukan di dalam proses transformasi karotin menjadi vitamin A.

Pengaruh Thyroxin Terhadap Sistem Cardiovascular

Thyroxin meningkatkan fungsi jantung dan saluran darah. Peningkatan metabolisme sel menghasilkan peningkatan metabolisme yang masuk ke dalam saluran darah dan pada akhirnya menyebabkan peningkatan pembuangan panas tubuh. Frekuensi denyut jantung meningkat, volume cairan darah meningkat dengan akibat terjadinya peninggian tekanan darah. Kebutuhan oksigen meningkat, menyebabkan peningkatan juga frekuensi dan volume pernapasannya per menitnya

Pengaruh Thyroxin Terhadap Sistem Pencernaan

Thyroxin meningkatkan saluran pencernaan. Sekresi kelenjar pencernaan dan pencernaan dan peristaltis meningkat. Peningkatan gerak peristaltik sampai berakibat pada diare.

Pengaruh Thyroxin Terhadap Sistem Otot

Jumlah normal thyroxin sampai peningkatan sedang dari jumlah tersebut berakibat meningkatkan kekuatan otot, sedangkan dosis yang tinggi memberikan pengurangan tenaga otot tersebut. Mungkin peningkatan metabolisme menghasilkan peningkatan produksi metabolisme yang menyebabkan kelelahan otot permanen.

Defisiensi yodium juga mengakibatkan gambaran klinik lain selain goiter endemic, juga disebut Iodine Deficiency Deases (IDD). Ada 4 jenis IDD, yaitu :

a. Endemik gondok.

b. Hambatan pertumbuhan fisik dan mental yang disebut cretinism.

c. Hambatan neuro motor.

d. Kondisi tuli beserta bisu (deaf mutism)

Pada keadaan IDD endemik berat, kerugian keluarga dan masyarakat terutama karena adanya penderita cretin yang disertai hambatan mental dan intelektual. Cretin adalah akibat kekurangan yodium ketika hamil. Penderita bertubuh pendek (cebol) dan menderita berbagai tingkat hambatan mental, yaitu tingkat perkembangan mental itu tertinggal terhadap umur. Penderita berumur 15 tahun dapat mempunyai perkembangan mental seperti umur dua tahun (Dinkes Jatim, 2003).

About these ads
Categories: Nutrisi
  1. HASNI
    February 21, 2009 at 1:33 am

    bagaimana bentuk penyuluhan tentang gaky

  2. May 23, 2009 at 4:09 am

    hh… nice ))

  3. COERCION
    January 28, 2010 at 4:21 am

    referensinya mana ?

  4. Anonymous
    February 20, 2010 at 4:32 pm

    thanks ya..

  5. riva
    May 24, 2010 at 4:53 am

    penaya laksanaanya gmn yaaaww????

  6. bla bla bla
    October 7, 2010 at 1:07 pm

    apa yg disebut hormon T3 dan hormon T4 ?

  7. chauchun
    October 20, 2010 at 5:38 am

    ada saran bagaimana membuat media video yang menarik tentang GAKY?

  8. Sri Rahayu
    September 14, 2012 at 1:01 am

    bagaimana caranya mengetahui kadar yodium dalam garam dapur

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: