Home > Bayi, Anak dan remaja > Penyapihan / Sapih

Penyapihan / Sapih


Definisi menyapih

Menyapih adalah proses berhentinya masa menyusui secara berangsur angsur atau sekaligus. Proses itu dapat disebabkan oleh si anak itu sendiri untuk berhenti menyusu atau bisa juga dari sang ibu untuk berhenti menyusui anaknya. Atau dari keduanya dengan berbagai alasan (NN, 2007).

Menyapih adalah proses bertahap yaitu mula-mula dengan mengurangi frekuensi pemberian ASI, sampai dengan berhentinya proses pemberian ASI (Carnain, 2007) .

Cara-cara menyapih yang benar

Beberapa ahli laktasi menyarankan hal hal berikut ini:

a. Lakukan proses menyapih ini secara perlahan. Misalnya dengan mengurangi frekuensi menyusu dari 5 kali menjadi 3 atau 4 kali. Lakukan bertahap sampai akhirnya berhenti sama sekali.

b. Alihkan perhatian si anak dengan melakukan hal lain. Bernyanyilah dan bermain bersamanya, sehingga anak tidak ingat saatnya menyusu pada mama.

c. Komunikasikan hal ini dengan anak. Jangan takut anak anak tidak mengerti dengan keinginan anda untuk menyapihnya. Berikan pengertian yang baik dan dengan komunikasi yang mudah dicerna olehnya. Walau masih kecil tapi ia mengerti kata kata dari orang dilingkungannya.

d. Jangan menyapih anak ketika ia tidak sehat, atau sedang merasa sedih, kesal atau marah. Hal itu akan membuat anak anda merasa anda tidak menyayangi dirinya.

e. Hindari menyapih anak dari menyusui ke pacifier (empeng) atau botol susu. Selalu bina komunikasi dengan sang anak. Mintalah bantuan dari sang Ayah untuk melengkapi komunikasi dengan anak dan sebagai figure pendamping ibu.

f. Jangan menyapihnya secara mendadak dan langsung, hal itu akan membuat perasaan anak anda terguncang.

g. Jangan menipu anak anda dengan cara mengoleskan jamu di putting saat menyusui atau apapun yang membuat rasanya tidak nyaman. Pemaksaan seperti itu akan membuat hubungan batin anak dan ibu menjadi rusak.

Waktu penyapihan yang tepat

Tidak pernah ada waktu yang pasti kapan sebaiknya anak disapih dari ibunya. Menurut WHO, masa pemberian ASI diberikan secara eksklusif 6 bulan pertama, kemudian dianjurkan tetap diberikan setelah 6 bulan berdampingan dg makanan tambahan hingga umur 2 th atau lebih. Ada juga ibu ibu yang menyapih anaknya ketika usia 1 -2 tahun, bahkan ada yang diusia 4 tahun.

Tidak benar jika anak yang terlalu lama disusui akan membuatnya manja dan tidak mandiri. ASI akan membuat anak dekat dengan orang tuanya dan hal itu memang sangat dibutuhkan sang anak dan membuatnya merasa penuh dengan kasih sayang. Kemandirian adalah hal yang diajarkan oleh orang tuanya, bukan karena selalu disusui ASI (NN, 2007).

Hal – hal yang dilarang dalam menyapih

a. Mengoleskan Obat Merah Pada Puting

Selain bisa menyebabkan anak mengalami keracunan, juga membuat anak belajar bahwa puting ibu ternyata tidak enak, bahkan bisa membuatnya sakit. Keadaan ini akan semakin parah jika ibu melakukannya secara tiba-tiba. Si kecil akan merasa ditolak ibunya. Dampak selanjutnya mudah diduga, anak akan merasa ibu tidak mencintainya.

Gaya kelekatan yang muncul selanjutnya adalah avoidance (menghindar dalam suatu hubungan interpersonal). Hal ini dapat memengaruhi perkembangan kepribadian anak. Ia akan mengalami kesulitan untuk menjalin suatu hubungan intensif dengan orang lain. Hal ini terjadi karena di masa kanak-kanak ia merasa ditolak oleh orang tua, dalam hal ini ibunya.

b. Memberi Perban/Plester Pada Puting

Dibanding cara nomor 1, cara ini akan terasa lebih menyakitkan buat anak. Jika diberi obat merah, anak masih bisa menyentuh puting ibunya. Tetapi kalau sudah diperban/diplester, anak belajar bahwa puting ibunya adalah sesuatu yang tak bisa dijangkau.

c. Dioleskan Jamu, Brotowali, Atau Kopi Supaya Pahit

Awalnya mungkin anak tak akan menikmati, tetapi lama-kelamaan anak bisa menikmatinya dan malah bergantung pada rasa pahit tersebut. Mengapa? Karena ia belajar, meskipun pahit tetapi masih tetap bercampur dengan puting ibunya.

Dampaknya, anak bisa mengembangkan suatu kepribadian yang ambivalen, dalam arti ia tidak mengerti apakah ibu sebetulnya mencintainya atau tidak. Bunda masih memberikan ASI, tapi kok tidak seperti biasanya, jadi pahit.

Parahnya lagi, kepribadian ambivalen bukan kepribadian yang menyenangkan. Anak akan mengembangkan kecemasan dalam hubungan interpersonal nantinya.

d. Menitipkan Anak ke Rumah Kakek-Neneknya

Kehilangan ASI saja sudah cukup menyakitkan, apalagi ditambah kehilangan figur ibu. Ingat lo, anak kecil umumnya belum memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Jadi, dapat dibayangkan kondisi seperti ini bisa mengguncang jiwa anak, sehingga tak menutup kemungkinan anak merasa ditinggalkan.

Tentunya hal itu tak mudah bagi anak karena ada dua stressor (sumber stres) yang dihadapinya, yakni ditinggalkan dan harus beradaptasi. Jadi jangan kaget, jika setelahnya anak pun butuh penyesuaian lagi terhadap ibunya. Malah akan timbul ketidakpercayaan anak terhadap ibu.

e. Selalu Mengalihkan Perhatian Anak Setiap Menginginkan ASI

Meski masih batita, si kecil tetap bisa merasakan penolakan ibu yang selalu mengalihkan perhatiannya saat ia menginginkan ASI. Kondisi ini juga membuat anak belajar berambivalensi. Misal, ibu selalu mengajak anak bermain setiap kali minta ASI. Tentu anak akan bertanya-tanya, ”Bunda sayang aku enggak sih, kok aku enggak dikasih ASI? Tetapi kalau tidak sayang, kok masih ngajak aku main?”

f. Selalu Bersikap Cuek Setiap Anak Menginginkan ASI

Anak jadi bingung dan bertanya-tanya, mengapa dirinya diperlakukan seperti itu. Dampaknya, anak bisa merasa tak disayang, merasa ditolak, sehingga padanya berkembanglah rasa rendah diri.

(Lianawati, 2007).

Dampak penyapihan ASI usia kurang dari 6 bulan

a. Menyebabkan hubungan anak dan ibu berkurang keeratannya karena proses bounding etatman terganggu.

b. Insiden penyakit infeksi terutama diare meningkat.

c. Pengaruh gizi yang mengakibatkan malnutrisi pada anak.

d. Mengalami reaksi alergi yang menyebabkan diare, muntah, ruam dan gatal-gatal karena reaksi dari sistem imun.

( Hegar, Badriul, 2006 )

About these ads
  1. novi
    June 2, 2009 at 4:36 am

    referensi liana wati tahun 2007 tu buku atau karya ilmiah???

    mohon jawabannya,,ke email zulaykha_88@yahoo.com
    makasih

  2. Evie
    June 24, 2009 at 3:44 pm

    Duh..aku baru tau kalo menyapih anak dengan cara kasih warna2 merah (aku kasih lipstick) itu salah ya? aku bohong lagi, bilang ke anakku kalo nenennya berdarah, sakit..sejak 2 hari kemarin.
    Thanks buat infonya, besok aku akan bilang ke anakku hal yg sebenarnya deh..mudah2an dia gak sakit hati sama aku..

  3. Linda puspita
    April 26, 2010 at 2:06 am

    Sebenernya pengen bgt ngasih nenen terus sama atika (anaku) tapi umur dia udah 2 tahun dua hari yang lalu, boleh gak yah ngasih dia tambahan barang 2 bulan lagi….biar aku ngasih pengertiah sama dia. kemarin2 aku belum kasih itu sama anaku, masih belum tega sama dia…

  4. astri rosita rizkiani
    April 9, 2011 at 1:00 am

    dibln april ini anak ku 2 tahun dan skg sy mau menyapih anak,. tp saya tak tega ,…akhirnya saya mengurangi asi secara perlahan. tp apakah benar klo anak disapih suka galak,…..dan jd pemarah….

  5. Valent
    September 24, 2011 at 1:16 am

    Bulan dpn si kecil berusia 2 tahun. Mulai kmrn sy menyapihny krna keinginan dia sndri (akibat puting sy luka kena gigitan si kecil).
    Yg mau sy tanyakan :
    - Knpa si kecil sllu rewel semenjak disapih, terlebih ketika tengah malam swktu dia terbangun & bagaimana cara mengatasiny?
    - Saat ini payudara sy mengalami pembengkakan (cuma sebelah kanan) & terasa nyeri skli. Bagaimana cara meredakanny & biasany terjadi brpa lama?
    Mohon jawabanny.
    Trims…

  6. Anonymous
    May 16, 2012 at 5:21 am

    aq baru nyapihh hari ke2…pake kopi ank sich jijik ga mau lgsg dan menolak…apa ga papa ya?kdang dia cuma peluk aja klo pas mau asi…skrg payudara bengkak..gmana cara meredakannya? mohon d jwb… sellypaskarani@msn.com thx

  7. May 30, 2012 at 11:37 am

    Saya mau menyapih anak saya yang berumur 2 tahun 2 bulan. Tapi saya masih kasihan sama dia. Tadi saya sempat memberikan lipstik didekat puting saya. Memang sempat anak saya kaget dan gak mau nenen,tapi menjelang malam anak saya ingat lagi dan minta nenen. Saya mengingatkan dia dengan mengibaratkan kalau nenennya sakit dan berdarah. Tapi dia tetep mau nenen dan karna saya kasihan jadi saya kasih aja dia nenen walapun bibir dia kena lipstik merah merah. Dia bahkan ketawa geli ngliat nenennya berwarna merah. Pertanyaan saya,bagaimana caranya menyapih anak saya biar gak mau nenen lagi ? Dan apa penggantinya kalo anak saya gak nenen? Karena anak saya kalau mau tidur biasa nenen. Kalau disaat dia beraktifitas saja dia bisa lupa..terimakasih

  8. Ainul Mardiyah
    March 7, 2013 at 4:25 am

    2 maret kemaren anakku juga genap 2 tahun, jauh sebelum hari H penyapihan kurang lbh 2bln sblmnya aku udah muLai ngejeLAsin ke baBy ku, bhw dia uDah beSar, bNtr Lagi uDah mO seKoLAh,,,kL anAk piNTAr mo masuk sekOLah mi2knya di canGKir,,sesekali aku mnt babYku buat nyambung kaLimat2 yg aku ucapkan,,,,kmrn nTu wKt dia mNt mi2k aku kasih Kopi, rada beLepoTan getOh,,,pas aku kasih liat ke dia,,dia LangsnG pasang mUka aNeh, n akU biLang mi2knya saKit n ada aa’nya,,ayang mau,,,??? ternyata dia sendiri noLak n ikUtan biLang mi2knya aa’…pas bo2k maLAm seh kesian jUga karena biasanya dia nempLOk terus,,,,aKhirnya aKu peLuk aja *jadi ikUtan nanGis jG hbs gak teGa,,,,n insya aLLah hr ini hari ke 2, aku nya yg smKn gK nyaman karena produKSi ASI ku masiH maKSimaL,,,jD berasa nyEri n kL disentUh muLai beRasa bengkaknya,,,kira2 bunda2 yg lain ada yg tau sOLusi meredaKAn nyerinya gak…??? thanKS aLL bunDa2….. ^_^

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: