Home > postpartum > Tanda-Tanda Bahaya Kala Nifas

Tanda-Tanda Bahaya Kala Nifas


Infeksi Masa Nifas

Setelah persalinan terjadi beberapa perubahan penting diantaranya makin meningkatnya pembentukkan urin untuk mengurangi hemodilusi darah, terjadi penyerapan beberapa bahan tertentu melalui pembuluh darah vena sehingga terjadi peningkatan suhu badan sekitar 0,5 oC yang bukan merupakan keadaan patologis atau menyimpang pada hari pertama. Perlukaan karena persalinan merupakan tempat masuknya kuman kedalam tubuh, sehingga menimbulkan infeksi pada kala nifas. Infeksi kala nifas adalah infeksi peradangan pada semua alat genitalia pada masa nifas oleh sebab apapun dengan ketentuan meningkatnya suhu badan melebihi 38 oC tanpa menghitung hari pertama dan berturut-turut selama dua hari.

Gambaran klinis infeksi umum dapat dalam bentuk :

1. Infeksi Lokal

1. Pembengkakan luka episiotomi.

2. Terjadi penanahan.

3. Perubahan warna lokal.

4. Pengeluaran lochia bercampur nanah.

5. Mobilisasi terbatas karena rasa nyeri.

6. Temperatur badan dapat meningkat.


2. Infeksi General

1. Tampak sakit dan lemah.

2. Temperatur meningkat diatas 39 oC.

3. Tekanan darah dapat menurun dan nadi meningkat.

4. Pernapasan dapat meningkat dan napas terasa sesak.

5. Kesadaran gelisah sampai menurun dan koma.

6. Terjadi gangguan involusi uterus.

7. Lochia : berbau, bernanah serta kotor.

Faktor Predisposisi Infeksi Masa Nifas

Faktor predisposisi infeksi masa nifas diantaranya adalah :

  1. Persalinan berlangsung lama sampai terjadi persalinan terlantar.
  2. Tindakan operasi persalinan.
  3. Tertinggalnya plasenta selaput ketuban dan bekuan darah.
  4. Ketuban pecah dini atau pada pembukaan masih kecil melebihi enam jam.
  5. Keadaan yang dapat menurunkan keadaan umum, yaitu perdarahan antepartum dan post partum, anemia pada saat kehamilan, malnutrisi, kelelahan dan ibu hamil dengan penyakit infeksi.

2.5.3. Terjadinya Infeksi Masa Nifas

Terjadinya infeksi masa nifas adalah sebagai berikut:

  1. Manipulasi penolong: terlalu sering melakukan pemeriksaan dalam, alat yang dipakai kurang suci hama.
  2. Infeksi yang didapat di rumah sakit (nosokomial).
  3. Hubungan seks menjelang persalinan.
  4. Sudah terdapat infeksi intrapartum: persalinan lama terlantar, ketuban pecah lebih dari enam jam, terdapat pusat infeksi dalam tubuh (lokal infeksi).
  5. 2.5.4. Keadaan abnormal pada rahim

Beberapa keadaan abnormal pada rahim adalah :

1. Sub involusi uteri.

Proses involusi rahim tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga proses pengecilan rahim terhambat. Penyebab terjadinya sub involusi uteri adalah terjadinya infeksi pada endometrium, terdapat sisa plasenta dan selaputnya, terdapat bekuan darah, atau mioma uteri.

2. Pendarahan masa nifas sekunder.

Adalah pendarahan yang terjadi pada 24 jam pertama. Penyebabnya adalah terjadinya infeksi pada endometrium dan terdapat sisa plasenta dan selaputnya.

3. Flegmansia alba dolens.

Merupakan salah satu bentuk infeksi puerpuralis yang mengenai pembuluh darah vena femoralis. Gejala kliniknya adalah :

1. Terjadi pembengkakan pada tungkai.

2. Berwarna putih.

3. Terasa sangat nyeri.

4. Tampak bendungan pembuluh darah.

5. Temperatur badan dapat meningkat.

Keadaan abnormal pada payudara

Beberapa keadaan abnormal yang mungkin terjadi adalah :

1. Bendungan ASI

Disebabkan oleh penyumbatan pada saluran ASI. Keluhan mamae bengkak, keras, dan terasa panas sampai suhu badan meningkat.

2. Mastitis dan Abses Mamae

Infeksi ini menimbulkan demam, nyeri lokal pada mamae, pemadatan mamae dan terjadi perubahan warna kulit mamae.

Keadaan abnormal pada psikologis

1. Psikologi Pada Masa Nifas

Perubahan emosi selama masa nifas memiliki berbagai bentuk dan variasi. Kondisi ini akan berangsur-angsur normal sampai pada minggu ke 12 setelah melahirkan.

Pada 0 – 3 hari setelah melahirkan, ibu nifas berada pada puncak kegelisahan setelah melahirkan karena rasa sakit pada saat melahirkan sangat terasa yang berakibat ibu sulit beristirahat, sehingga ibu mengalami kekurangan istirahat pada siang hari dan sulit tidur dimalam hari.

Pada 3 -10 hari setelah melahirkan, Postnatal blues biasanya muncul, biasanya disebut dengan 3th day blues. Tapi pada kenyataanya berdasarkan riset yang dilakukan paling banyak muncul pada hari ke lima. Postnatal blues adalah suatu kondisi dimana ibu memiliki perasaan khawatir yang berlebihan terhadap kondisinya dan kondisi bayinya sehingga ibu mudah panik dengan sedikit saja perubahan pada kondisi dirinya atau bayinya.

Pada 1 – 12 minggu setelah melahirkan, kondisi ibu mulai membaik dan menuju pada tahap normal. Pengembalian kondisi ibu ini sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungannya, misalnya perhatian dari anggota keluarga terdekat. Semakin baik perhatian yang diberikan maka semakin cepat emosi ibu kembali pada keadaan normal.

2. Depresi Pada Masa Nifas

Riset menunjukan 10% ibu mengalami depresi setelah melahirkan dan 10%-nya saja yang tidak mengalami perubahan emosi. Keadaan ini berlangsung antara 3-6 bulan bahkan pada beberapa kasus terjadi selama 1 tahun pertama kehidupan bayi.

Penyebab depresi terjadi karena reaksi terhadap rasa sakit yang muncul saat melahirkan dan karena sebab-sebab yang kompleks lainnya. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan menunjukan faktor-faktor penyebab depresi adalah terhambatnya karir ibu karena harus melahirkan, kurangnya perhatian orang-orang terdekat terutama suami dan perubahan struktur keluarga karena hadirnya bayi, terutama pada ibu primipara.

About these ads
Categories: postpartum
  1. November 6, 2008 at 11:33 am

    it’s good for midwifery,

    you can write n write more..

    tx,

  2. cha
    January 7, 2009 at 2:04 pm

    aq nak kebidanan, thanks ya setelah baca ini aku jadi tau tentang tanda2 masa nifas dueh

  3. April 2, 2009 at 4:30 am

    thanks ya… akhnya tugas makalah ku selesai jg,,,,!!!!!!!!!!!!

  4. Anonymous
    April 3, 2009 at 1:01 am

    Info dan tlisannya d’bnyakin yah? Biar kita smua bisa dpt pngthuan kebidanan lebih bnyak lg. Makacih..

  5. yenny
    April 3, 2009 at 8:22 am

    tolong dunk kasi materi ttg patologi masa nifas 6 minggu,
    coz aq dapet tgas dr dosen q tpi ampe skarang materinya itu2 aja, ga ada yang ngebahas fokus ampe 6 minggunya.
    tolong ya bantuin qt.
    thans

  6. Fanny doll
    April 14, 2009 at 1:50 am

    Aq nak kebidanan
    Thanks yOo…
    Berkat info ny
    jUdUL SAP q tntng
    “Perkenalan Tanda dan Bahaya Pd masa nifas”
    selesai.

  7. Lan_Akbid
    May 11, 2009 at 4:07 am

    makacih banyak,,,diburu waktu nih!

  8. lina
    June 6, 2009 at 9:49 am

    tolong dong bantu saya ada ngk materi tentang keadaan persalinan kala dua lama………… tolong ya… ntar masukin aja ke email gue okzzzz

  9. June 8, 2009 at 6:18 am

    Aq nak akbid.. Pucing niy,bnyk bgd tgs..huff.. Mklah mpe numpukk.. Ckrg dpt tgs ttg gangguan pd uterus(sub involusi+erosi serviks pd post partum) ad yg tau ga inti2’y aph ajj? Qlo ad yg tau,tlg krm lwt email aq aj y.. Tq be4

  10. aRiN aNggRaEni
    June 20, 2009 at 4:55 am

    mAkaSih bAnYak iNfonYa,,bLeh kAn kLo dA iNfo lAin dI kIriM kE eMAil sY,,aTau kLo dA yG iNgn sY tNyaKan bIsa lEwaT eMail,,bLeh kHAn,,???

  11. imoel
    June 25, 2009 at 6:18 am

    hai…aq mhswi kebidanan,thks bgt atas materinya, ngebantu banget coz gy bikin laporan nich, tapi kalo blh ngasih saran coba ditambahin lagi ya materinya n yang pazti suksez selalu

  12. FebRian YayiT
    July 4, 2009 at 10:34 am

    materi yang bagus,,
    klo da yg terbaru tlng kirim k email y…
    thanks…………

  13. LIA
    November 12, 2009 at 6:30 am

    mwu nyari tofik tentang subinvolusio neh…!!!!!

  14. Cristie
    November 21, 2009 at 7:21 am

    thnks yaaa……..
    besok klo ada materi kesehatan yang baru tolong kirim ke almt emailq yahhhhh..

  15. December 3, 2009 at 7:51 am

    MAkaCia
    hamPir seLesai juGa
    nii MaklaH Nyaa
    pUciiing Abiezzzzzzzzzzzz

  16. December 3, 2009 at 1:22 pm

    asalamu’alaikum….

  17. cobay lebron
    December 26, 2009 at 8:22 am

    thx yah tugas bayak bgd nech
    jdi setip ada tugas aque ke warnet aj dech
    simple n pasti n ad juga sumber nya
    thx bged yah
    bsk klaw ada tugas aqui datang lg

    • creasoft
      December 30, 2009 at 12:41 pm

      thx

  18. reyta
    December 28, 2009 at 10:04 am

    oy, yg lg byk tgas,sabar za y,tu kan spya kmu rjin blajar spya pintar.oc

    • creasoft
      December 30, 2009 at 12:44 pm

      jangan lupa tugas2-nya di kombinasi sama sumber2 lain biar lebih mantap

  19. wiwit
    December 29, 2009 at 10:03 am

    Mkch yach…..
    krna ini tgz Q slsai…..

  20. Anonymous
    January 8, 2010 at 6:10 am

    GA LEMGKAP TW!!!!!!!!!!!!!!!

    • creasoft
      January 8, 2010 at 2:14 pm

      ?????

  21. January 28, 2010 at 2:22 am

    haiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    tlong dunk bantuin Q …………………
    cariin involusi uterus…………………………..
    mmakcch ya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  22. Anonymous
    February 12, 2010 at 9:58 am

    thx y,,
    cz ni da tambhan rfrensi gtu.
    dlengkapi lagi yow….
    biar Q bs edit gtu…

  23. yankegha
    April 8, 2010 at 5:04 am

    thanks juga udah bantu tugas makalahku…..

  24. HIN
    May 5, 2010 at 3:15 am

    Materinya OK, sangat bermanfaat bagi mhs2 kebidanan….
    thanks…http://koleksi-informasi.blogspot.com/

  25. devi
    August 7, 2010 at 4:49 am

    thangks bgt y…..ats ats tmbahan refrensinya………..thks bget………………

  26. ikka
    September 23, 2010 at 7:20 am

    asslamku.
    tlong cariin tentang SUB INVOLUSI dunk,.
    tolong kirimn ke email q ya,.
    tikamuaniezt@yahoo.co.id
    makasih sblum na,.

  27. wulan
    September 23, 2010 at 12:03 pm

    assalamualaikum,,,,,trima ksih bnget yach…cz stelah bca ni q jdi lbih mngerti tntang tnda2 bhya nifas,,wassalam

  28. finny alviani
    November 6, 2010 at 12:55 am

    aku mhasiswa keb….
    mksiih bnyak tas info nya…
    knii saya telah mnyelsaikan tgas…
    klu bleh sran…
    bnyakin materinya…
    thank’s…..

  29. ita
    February 21, 2011 at 4:14 pm

    asslm…
    tolong dunk ta nyari data WHO,Idonesia, propinsi TENTANG angka kematian ibu nifas…
    mksh yachhhh

  30. santo
    March 26, 2011 at 4:02 am

    mau bantuan………

  31. santo
    March 26, 2011 at 4:02 am

    tgguuuuu……..

  32. Lisha
    May 6, 2011 at 3:18 pm

    aA nAk kBidanan jG……
    thank’s yAcHhhh……… ^_^

  33. Lina
    June 5, 2011 at 5:09 am

    q lg perlu anga kejadian mastitis indonesia th 2008,,,sp yg bsa bntu q…..

  34. paste ji
    October 10, 2011 at 10:51 am

    hedeeehhh… lg2 buat makalah involusi uterus… S’mangat!!!!!!!

  35. Anonymous
    January 1, 2012 at 4:27 am

    tq yachh materinya bermamfaat bgt buat aq..
    kni aq dah tw tnda bahya nya

  36. ratnawati
    January 24, 2012 at 5:13 am

    trimaksh dah di bantu selesaiin tugasku.wassalam

  37. November 9, 2012 at 2:48 am

    danke dh bntu aq,..

  38. Anonymous
    March 7, 2014 at 5:00 am

    Referensi yg bagus…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: