Home > manajemen laktasi > 15 Cara Mencegah Kanker Payudara

15 Cara Mencegah Kanker Payudara


Oleh: Widya Listya

Bulan Oktober adalah Bulan Kanker Payudara, saat untuk memikirkan penyakit yang banyak ditakuti
kaum perempuan. Sepuluh tahun yang lalu, para ahli menganggap bahwa kanker payudara adalah
penyakit yang sebenarnya tidak dapat dicegah. Sekarang, para peneliti sudah banyak mengetahui cara
untuk mencegahnya, paling tidak mengurangi resiko terkena kanker payudara.
Sebetulnya ada 17 cara untuk mengurangi resiko kanker payudara, 2 diantaranya merupakan
pencegahan dari segi medis dan sisanya merupakan terapi alternatif.
Adapun pendekatan dari segi medis adalah:
1. Obat pencegah kanker payudara.
Perempuan dengan resiko tinggi, yaitu yang survive/selamat dari kanker payudara atau yang setidaknya
memiliki hubungan darah dengan penderita kanker (ibu atau saudara perempuannya), bisa mendapatkan
terapi Tamoksifen, yang bekerja dengan cara memblokade efek pemicu tumor dari estrogen.
1. Obat pencegah kanker payudara.
Perempuan dengan resiko tinggi, yaitu yang survive/selamat dari kanker payudara atau yang setidaknya
memiliki hubungan darah dengan penderita kanker (ibu atau saudara perempuannya), bisa mendapatkan
terapi Tamoksifen, yang bekerja dengan cara memblokade efek pemicu tumor dari estrogen.
2. Mastektomi sebelum serangan kanker.
Untuk perempuan dari keluarga dengan resiko genetik yang sangat tinggi, ada suatu mastektomi untuk
pencegahan kanker payudara. Memang merupakan suatu pendekatan yang radikal, tetapi kebanyakan
berhasil. Mastektomi ini mengangkat jaringan payudara, tapi tidak seluruhnya, sehingga kemungkinan
terjadinya kanker masih ada.
Sedangkan pencegahan secara alami meliputi:
1. Berolah raga secara teratur.
Penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan menigkatnya aktivitas, maka resiko kanker payudara akan
berkurang. Berolah raga akan menurukan kadar estrogen yang diproduksi tubuh sehingga mengurangi
resiko kanker payudara.
2. Kurangi lemak.
Anda tentu sudah sering mendengar pertentangan pendapat mengenai hubungan antara kanker
payudara dengan makanan berlemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet rendah lemak
membantu mencegah kanker payudara. Penelitian yang lain menunjukkan bahwa tidak ada hubungan
antara lemak dan kanker payudara.. Penelitian terakhir menyatakan bahwa yang lebih penting adalah
jenis lemaknya bukan jumlah lemak yang dikonsumsi.
Jenis lemak yang memicu kanker payudara adalah lemak jenuh dalam daging, mentega, makanan yang
mengandung susu full-cream (whole-milk dairy foods) dan asam lemak dalam margarin.
Sedangkan jenis lemak yang membantu mencegah kanker payudara adalah lemak tak-jenuh dalam
minyak zaitun dan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dan ikan air dingin lainnya.
Lemak jenuh dalam daging dan produk susu dan asam lemak dalam margarin meningkatkan kadar
estrogen dalam darah, sedangkan lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun dan asam lemak omega-3 dalam
ikan tidak menyebabkan kenaikan kadar estrogen dalam darah.
3. Bila anda mengkonsumsi daging, jangan dimasak terlalu matang.
Terlepas dari lemak jenuh yang terdapat dalam daging, cara anda memasak daging akan mempengaruhi
resiko kanker payudara. Daging-daging yang dimasak/dipanggang menghasilkan senyawa karsinogenik
(amino heterosiklik). Semakin lama dimasak, semakin banyak senyawa ini terbentuk. Amino heterosiklik
paling banyak terdapat dalam daging bakar yang lapisan luarnya (kulitnya) gosong dan hitam.
4. Makan lebih banyak buah dan sayuran.
Semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan, semakin berkurang resiko untuk semua kanker,
termasuk kanker payudara.
Makanan dari tumbuh-tumbuhan mengandung anti-oksidan yang tinggi, diantaranya vitamin A, C, E dan
mineral selenium, yang dapat mencegah kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab terjadinya kanker.
National Cancer Institute (NCI) merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran paling tidak 5
(lima) kali dalam sehari. Tapi harus dihindari buah dan sayuran yang mengandung banyak lemak, seperti
kentang goreng atau pai dengan krim pisang.
5. Mengkonsumsi suplemen anti-oksidan.
Suplemen tidak dapat menggantikan buah dan sayuran, tetapi suatu formula anti-oksidan bisa
merupakan tambahan makanan yang dapat mencegah kanker payudara.
6. Makan lebih banyak serat.
Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, buah dan sayuran juga mengandung banyak serat. Makanan
berserat akan mengikat estrogen dalam saluran pencernaan, sehingga kadarnya dalam darah akan
berkurang.
7. Makan lebih banyak tahu dan makanan yang mengandung kedelai.
Makanan-makanan yang berasal dari kedelai banyak mengandung estrogen tumbuhan (fito-estrogen).
Seperti halnya tamoksifen, senyawa ini mirip dengan estrogen tubuh, tapi lebih lemah. Fito-estrogen
terikat pada reseptor sel yang sama dengan estrogen tubuh, mengikatnya keluar dari sel payudara
sehingga mengurangi efek pemicu kanker payudara.
Selain menghalangi estrogen tubuh untuk mencapai sel reseptor, makanan berkedelai juga mempercepat
pengeluaran estrogen dari tubuh.
8. Makan lebih banyak kacang-kacangan.
Selain dalam kedelai, fito-estrogen juga terdapat dalam jenis kacang-kacangan lainnya.
9. Hindari alkohol.
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa semakin banyak mengkonsumsi alkohol, maka resiko kanker
payudara semakin bertambah karena alkohol meningkatkan kadar estrogen dalam darah.
10. Perhatikan berat badan anda.
Kenaikan berat badan setiap pon setelah usia 18 tahun akan menambah resiko kanker payudara. Ini
disebabkan karena sejalan dengan bertambahnya lemak tubuh, maka kadar estrogen sebagai hormon
pemicu kanker payudara dalam darahpun akan meningkat.
11. Hindari xeno-estrogens.
Xeno-estrogen maksudnya estrogen yang berasal dari luar tubuh.
Perempuan mengkonsumsi estrogen dari luar tubuh terutama yang berasal dari residu hormon estrogenik
yang terdapat dalam daging dan residu pesitisida estrogenik. Diduga xeno-estrogen bisa meningkatkan
kadar estrogen darah sehingga menambah resiko kanker payudara.
Cara terbaik untuk menghindari xeno-estrogen adalah dengan mengurangi konsumsi daging, unggas
(ayam-itik) dan produk susu (whole-milk dairy product).
Tetapi anda tidak perlu khawatir dengan banyak makan buah dan sayuran, karena efek anti-oksidan dan
kandungan seratnya lebih banyak daripada efek residu pestisidanya.
12. Berjemur dibawah sinar matahari.
Meningkatnya angka kejadian kanker kulit (Melanoma maligna) menjadikan kita takut akan sinar
matahari. Tetapi sedikit sinar matahari dapat membantu mencegah kanker payudara, karena pada saat
matahari mengenai kulit, tubuh membuat vitamin D. Vitamin D akan membantu jaringan payudara
menyerap kalsium sehingga mengurangi resiko kanker payudara. Agar bisa memperoleh sinar matahari
selama 20 menit/hari, dianjurkan untuk berjalan dibawah sinar matahari pada siang hari atau sore hari.
Tetapi bila anda ingin mendapatkan kalsium atau vitamin D tidak dari sinar matahari, anda dapat
mencoba mengkonsumsi makanan suplemen.
13. Jangan merokok.
Merokok akan meningkatkan resiko kanker payudara.
14. Menyusui/memberikan ASI kepada anak anda
Untuk alasan yang masih belum jelas, menyusui berhubungan dengan berkurangnya resiko kanker
payudara sebelum masa menopause.
15. Pertimbangkan kembali sebelum menggunakan terapi pengganti hormon (Hormone
Replacement Therapy = HRT).

Ada beberapa alasan bagus untuk melakukan HRT sesudah masa menopause, yaitu mengurangi resiko
penyakit jantung, osteoporosis dan penyakit Alzheimer’s. Tetapi HRT akan menambah resiko kanker
payudara. Bicarakan dengan dokter anda dan pertimbangkan resiko-resiko yang mungkin timbul, karena
kebanyakan perempuan lebih tinggi resikonya untuk menderita penyakit jantung, daripada kanker
payudara.
Terakhir, satu lagi hal yang dapat mempengaruhi resiko terkena kanker payudara adalah stress.
Literatur medis menyebutkan bahwa stress dapat menigkatkan resiko kanker payudara. Tetapi penelitian
tentang hal ini masih bersifat kontroversial. Namun tidak ada salahnya untuk memulai cara mengatasi
stress dalam hidup anda melalui meditasai, yoga, tai chi, berkebun atau kegiatan santai lainnya.
Untuk perempuan dari keluarga dengan resiko genetik yang sangat tinggi, ada suatu mastektomi untuk
pencegahan kanker payudara. Memang merupakan suatu pendekatan yang radikal, tetapi kebanyakan
berhasil. Mastektomi ini mengangkat jaringan payudara, tapi tidak seluruhnya, sehingga kemungkinan
terjadinya kanker masih ada.
Sedangkan pencegahan secara alami meliputi:
1. Berolah raga secara teratur.
Penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan menigkatnya aktivitas, maka resiko kanker payudara akan
berkurang. Berolah raga akan menurukan kadar estrogen yang diproduksi tubuh sehingga mengurangi
resiko kanker payudara.
2. Kurangi lemak.
Anda tentu sudah sering mendengar pertentangan pendapat mengenai hubungan antara kanker
payudara dengan makanan berlemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet rendah lemak
membantu mencegah kanker payudara. Penelitian yang lain menunjukkan bahwa tidak ada hubungan
antara lemak dan kanker payudara.. Penelitian terakhir menyatakan bahwa yang lebih penting adalah
jenis lemaknya bukan jumlah lemak yang dikonsumsi.
Jenis lemak yang memicu kanker payudara adalah lemak jenuh dalam daging, mentega, makanan yang
mengandung susu full-cream (whole-milk dairy foods) dan asam lemak dalam margarin.
Sedangkan jenis lemak yang membantu mencegah kanker payudara adalah lemak tak-jenuh dalam
minyak zaitun dan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dan ikan air dingin lainnya.
Lemak jenuh dalam daging dan produk susu dan asam lemak dalam margarin meningkatkan kadar
estrogen dalam darah, sedangkan lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun dan asam lemak omega-3 dalam
ikan tidak menyebabkan kenaikan kadar estrogen dalam darah.
3. Bila anda mengkonsumsi daging, jangan dimasak terlalu matang.
Terlepas dari lemak jenuh yang terdapat dalam daging, cara anda memasak daging akan mempengaruhi
resiko kanker payudara. Daging-daging yang dimasak/dipanggang menghasilkan senyawa karsinogenik
(amino heterosiklik). Semakin lama dimasak, semakin banyak senyawa ini terbentuk. Amino heterosiklik
paling banyak terdapat dalam daging bakar yang lapisan luarnya (kulitnya) gosong dan hitam.
4. Makan lebih banyak buah dan sayuran.
Semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan, semakin berkurang resiko untuk semua kanker,
termasuk kanker payudara.
Makanan dari tumbuh-tumbuhan mengandung anti-oksidan yang tinggi, diantaranya vitamin A, C, E dan
mineral selenium, yang dapat mencegah kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab terjadinya kanker.
National Cancer Institute (NCI) merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran paling tidak 5
(lima) kali dalam sehari. Tapi harus dihindari buah dan sayuran yang mengandung banyak lemak, seperti
kentang goreng atau pai dengan krim pisang.
5. Mengkonsumsi suplemen anti-oksidan.
Suplemen tidak dapat menggantikan buah dan sayuran, tetapi suatu formula anti-oksidan bisa
merupakan tambahan makanan yang dapat mencegah kanker payudara.
6. Makan lebih banyak serat.
Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, buah dan sayuran juga mengandung banyak serat. Makanan
berserat akan mengikat estrogen dalam saluran pencernaan, sehingga kadarnya dalam darah akan
berkurang.
7. Makan lebih banyak tahu dan makanan yang mengandung kedelai.
Makanan-makanan yang berasal dari kedelai banyak mengandung estrogen tumbuhan (fito-estrogen).
Seperti halnya tamoksifen, senyawa ini mirip dengan estrogen tubuh, tapi lebih lemah. Fito-estrogen
terikat pada reseptor sel yang sama dengan estrogen tubuh, mengikatnya keluar dari sel payudara
sehingga mengurangi efek pemicu kanker payudara.
Selain menghalangi estrogen tubuh untuk mencapai sel reseptor, makanan berkedelai juga mempercepat
pengeluaran estrogen dari tubuh.
8. Makan lebih banyak kacang-kacangan.
Selain dalam kedelai, fito-estrogen juga terdapat dalam jenis kacang-kacangan lainnya.
9. Hindari alkohol.
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa semakin banyak mengkonsumsi alkohol, maka resiko kanker
payudara semakin bertambah karena alkohol meningkatkan kadar estrogen dalam darah.
10. Perhatikan berat badan anda.
Kenaikan berat badan setiap pon setelah usia 18 tahun akan menambah resiko kanker payudara. Ini
disebabkan karena sejalan dengan bertambahnya lemak tubuh, maka kadar estrogen sebagai hormon
pemicu kanker payudara dalam darahpun akan meningkat.
11. Hindari xeno-estrogens.
Xeno-estrogen maksudnya estrogen yang berasal dari luar tubuh.
Perempuan mengkonsumsi estrogen dari luar tubuh terutama yang berasal dari residu hormon estrogenik
yang terdapat dalam daging dan residu pesitisida estrogenik. Diduga xeno-estrogen bisa meningkatkan
kadar estrogen darah sehingga menambah resiko kanker payudara.
Cara terbaik untuk menghindari xeno-estrogen adalah dengan mengurangi konsumsi daging, unggas
(ayam-itik) dan produk susu (whole-milk dairy product).
Tetapi anda tidak perlu khawatir dengan banyak makan buah dan sayuran, karena efek anti-oksidan dan
kandungan seratnya lebih banyak daripada efek residu pestisidanya.
12. Berjemur dibawah sinar matahari.
Meningkatnya angka kejadian kanker kulit (Melanoma maligna) menjadikan kita takut akan sinar
matahari. Tetapi sedikit sinar matahari dapat membantu mencegah kanker payudara, karena pada saat
matahari mengenai kulit, tubuh membuat vitamin D. Vitamin D akan membantu jaringan payudara
menyerap kalsium sehingga mengurangi resiko kanker payudara. Agar bisa memperoleh sinar matahari
selama 20 menit/hari, dianjurkan untuk berjalan dibawah sinar matahari pada siang hari atau sore hari.
Tetapi bila anda ingin mendapatkan kalsium atau vitamin D tidak dari sinar matahari, anda dapat
mencoba mengkonsumsi makanan suplemen.
13. Jangan merokok.
Merokok akan meningkatkan resiko kanker payudara.
14. Menyusui/memberikan ASI kepada anak anda
Untuk alasan yang masih belum jelas, menyusui berhubungan dengan berkurangnya resiko kanker
payudara sebelum masa menopause.
15. Pertimbangkan kembali sebelum menggunakan terapi pengganti hormon (Hormone
Replacement Therapy = HRT).
Ada beberapa alasan bagus untuk melakukan HRT sesudah masa menopause, yaitu mengurangi resiko
penyakit jantung, osteoporosis dan penyakit Alzheimer’s. Tetapi HRT akan menambah resiko kanker
payudara. Bicarakan dengan dokter anda dan pertimbangkan resiko-resiko yang mungkin timbul, karena
kebanyakan perempuan lebih tinggi resikonya untuk menderita penyakit jantung, daripada kanker
payudara.
Terakhir, satu lagi hal yang dapat mempengaruhi resiko terkena kanker payudara adalah stress.
Literatur medis menyebutkan bahwa stress dapat menigkatkan resiko kanker payudara. Tetapi penelitian
tentang hal ini masih bersifat kontroversial. Namun tidak ada salahnya untuk memulai cara mengatasi
stress dalam hidup anda melalui meditasai, yoga, tai chi, berkebun atau kegiatan santai lainnya.

About these ads
Categories: manajemen laktasi
  1. mira
    June 10, 2008 at 5:06 am

    mengapa wanita tidak pernah hamil dan menyusui cendrung terkena kanker payudara

  2. creasoft
    June 10, 2008 at 4:43 pm

    pembentukan kanker pada organ genital wanita semuanya dipengaruhi oleh hormon, demikian halnya dengan kanker payudara, tidak munculnya hormon kehamilan yang mendorong aktifitas kelenjar mamae menyebabkan kondisi ini meyebabkan munculnya penyimpangan fungsi mamae

  3. marsya
    January 25, 2009 at 1:57 pm

    kenapa,, wanita yang akan menopaus lebih cenderung terkena kanker payudara??
    dan apa ada laki – laki yang terkena kanker payudara??

  4. Murny
    February 26, 2009 at 7:45 am

    makasih buat tips nya, bagus banget tuch….!!

    • KAKA
      May 12, 2011 at 3:41 am

      ADA

  5. January 17, 2010 at 4:25 pm

    terima kasih infonya

    • creasoft
      January 17, 2010 at 6:10 pm

      sama2

  6. nadya
    April 8, 2010 at 9:18 am

    infonya sangat bermanfaat

  7. p3
    June 20, 2010 at 12:50 pm

    nama saya fitry
    saya berumur 16 tahun
    saya merasa ada benjolan di payudara saya
    apakah itu merupakan tanda-tanda kanker
    memang bonjolan itu kecil tapai saya takut akan tumbuh jadi kanker.

    tolong di jawab ya

  8. sari
    April 11, 2011 at 5:50 am

    saya berumur 24 tahun
    belakangan ini saya baru merasakan ada benjolan di payudarah saya. mama saya dahulu juga mengalami kanker payudarah. apakah itu sudah pasti saya akan menderita hal yang sama.

    Thakns

  9. andi icha
    April 14, 2011 at 6:13 am

    sy ibu rmh tangga berusia 38 thn pernah operasi payudara sethn yang lalu tapi kata dokter bukan kanker tp bisul cuma nana yang dikeluarkan tp kenapa ahir-ahir ini srng trsa skt diatas payudara sy tembus belakang terima kasih

  10. arumhy
    May 5, 2011 at 3:41 am

    sy brusia 15 thn,mw nanxa bz anak seusia sy trkna kanker payudara!?n sy srg mrasakn skt d payudara sy,apakh itu slh stu gjala kanker payudara atw tdk?thanks

  11. T12ya_krenz@yahoo.com
    May 27, 2011 at 3:32 am

    sy berusia 22 thn.2 tante saya terkena kanker payudara,dan salah satu dri mereka meninggal 4thn lalu karena penyakitnya.Akhir2 ini entah kenapa saya menjadi takut karena tahu kalau kanker payudara itu bisa terinfeksi karena faktor keturunan,dan lagi bila melihat ukuran payudara saya sebelah kanan lebih kecil di banding yang kiri dan sering terasa nyeri dibagian bawah.apakah saya bisa dikategorikan sudah terkena kanker payudara?tq

  12. tita
    May 27, 2011 at 3:34 am

    sy berusia 22 thn.2 tante saya terkena kanker payudara,dan salah satu dri mereka meninggal 4thn lalu karena penyakitnya.Akhir2 ini entah kenapa saya menjadi takut karena tahu kalau kanker payudara itu bisa terinfeksi karena faktor keturunan,dan lagi bila melihat ukuran payudara saya sebelah kanan lebih kecil di banding yang kiri dan sering terasa nyeri dibagian bawah.apakah saya bisa dikategorikan sudah terkena kanker payudara?tq

  13. putri andyni
    June 5, 2011 at 2:28 pm

    saya mengalami benjolan di payudara, apakah q ini sudah dibilang kena kangker payudara?? memang saya ga pernah mengalami rasa sakit atau denyut, tapi saya rasa, payudara saya sudah jauh berbeda besarnya sama yang kana
    semakin hari aku merasa takut apa yang ada dalam tubuh saya ini, apakah masih bisah
    dicegah??????

    • lina
      June 18, 2011 at 10:38 am

      coba deh produk pembalut love moon,di dalemnya ada chip anion,chip itu jika ditempel ke payudara bs sebagai terapi kanker payudara atau rasa sakit payudara. bs juga sebagai terapi kanker servik n keputihan jk dipakai sebagai pembalut..coba aja..ada beberapa orang yang sudah membuktikkannya..hubungi 02199171591 or buka http://linar-semuaada-lina.blogspot.com/2011/06/pembalut-love-moon-terapi-kanker.html

      • eka
        February 3, 2012 at 1:27 pm

        Beneran nih brani jamin. . . .
        Kl ga bener,nyawa lho taruhannya. . .
        Stadium brapa aja boleh makenya. . .?

  14. Anonymous
    July 14, 2011 at 3:40 am

    semuanya pasti ada jalannya.saya ada obat untuk kanker,udah drekomendasiin ama donkter ahli kanker di RS.Sardjito(Yogya) kalo mau konsultasi bisa call ke saya (08882815636)ato email ori_nadia@yahoo.com.obat ini 100% alami,udah banyak penyakit kanker yang sembuh make ini,harganya 550rb

  15. Anonymous
    July 31, 2011 at 6:45 pm

    trims infonya, ini semua sangat berarti bg sy!!!

  16. elisabeth
    July 31, 2011 at 6:46 pm

    trims infonya ini sangat berarti bg sy!!!!

  17. December 16, 2011 at 10:23 pm

    thanks for ur info…

  18. eka
    February 3, 2012 at 1:24 pm

    Sy seorg paramedis yg sgt pduli dg pr pnderita cancer payudara krn bibi sy meninggal krnnya n sy sring mrawat pasien dg cancer payudara.seseorg dikatakan mengidap cancer ato tumor payudara brdasarkan dr pmriksaan dokter n dr hasil laboratorium.jd yg mrasa khawatir apakah mengidap salah satu tsb lbih baik priksa ke dokter bedah onkologi (jgn salah dokter ya).lbih cpat lbih banyak harapan tuk smbuh krn kl cancer kt brburu dg waktu

  19. Nadia Nurhaziqoh
    March 19, 2012 at 3:09 am

    sy brusia 15 thn,sy khwatir dg penyakit ini….
    tanda” awal muncul.a penyakit ini apa ya…?

  20. Tya
    November 17, 2012 at 4:35 pm

    teman Saya mengalami benjolan di payudaranya,, tetapi benjolan itu tidak sakit,, apakah ini bisa di namakan kanker payudara???
    tolong jawab dan berikan saran”nya untuk menghindari trjadinya kanker jika tadi bukan kanker…
    trima kasih…

  21. December 11, 2012 at 7:24 am

    baguss banget nih …
    yhanks yyaa .. semoga orang-orang yang terjangkit penyakit tersebut dapat sembuh dan terhindar dengan cara-cara alami yang disebutkan diatas..

    aminn..
    thanks nice info ..

  1. May 25, 2010 at 4:48 am
  2. August 23, 2012 at 2:31 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: