Home > Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Reproduksi Wanita

Kesehatan Reproduksi Wanita


Konsep Pemikiran Tentang Kesehatan Reproduksi Wanita

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk mempertinggi derajat kesehatan masyarakat. Demi tercapainya derajat kesehatan yang tinggi, maka wanita sebagai penerima kesehatan, anggota keluarga dan pemberi pelayanan kesehatan harus berperan dalam keluarga, supaya anak tumbuh sehat sampai dewasa sebagai generasi muda. Oleh sebab itu wanita, seyogyanya diberi perhatian sebab :

1. Wanita menghadapi masalah kesehatan khusus yang tidak dihadapi pria berkaitan dengan fungsi reproduksinya

2. Kesehatan wanita secara langsung mempengaruhi kesehatan anak yang dikandung dan dilahirkan.

3. Kesehatan wanita sering dilupakan dan ia hanya sebagai objek dengan mengatas namakan “pembangunan” seperti program KB, dan pengendalian jumlah penduduk.

4. Masalah kesehatan reproduksi wanita sudah menjadi agenda Intemasional diantaranya Indonesia menyepakati hasil-hasil Konferensi mengenai kesehatan reproduksi dan kependudukan (Beijing dan Kairo).

5. Berdasarkan pemikiran di atas kesehatan wanita merupakan aspek paling penting disebabkan pengaruhnya pada kesehatan anak-anak. Oleh sebab itu pada wanita diberi kebebasan dalam menentukan hal yang paling baik menurut dirinya sesuai dengan kebutuhannya di mana ia sendiri yang memutuskan atas tubuhnya sendiri.

Definisi Kesehatan Reproduksi Wanita.

Berdasarkan Konferensi Wanita sedunia ke IV di Beijing pada tahun 1995 dan Koperensi Kependudukan dan Pembangunan di Cairo tahun 1994 sudah disepakati perihal hak-hak reproduksi tersebut. Dalam hal ini (Cholil,1996) menyimpulkan bahwa terkandung empat hal pokok dalam reproduksi wanita yaitu :

  1. Kesehatan reproduksi dan seksual (reproductive and sexual health)
  2. Penentuan dalam keputusan reproduksi (reproductive decision making)
  3. Kesetaraan pria dan wanita (equality and equity for men and women)
  4. Keamanan reproduksi dan seksual (sexual and reproductive security)

Adapun definisi tentang arti kesehatan reproduksi yang telah diterima secara internasional yaitu : sebagai keadaan kesejahteraan fisik, mental, sosial yang utuh dalam segala hal yang berkaitan dengan sistim, fungsi-fungsi dan proses reproduksi. Selain itu juga disinggung hak produksi yang didasarkan pada pengakuan hak asasi manusia bagi setiap pasangan atau individu untuk menentukan secara bebas dan bertanggung jawab mengenai jumlah anak, penjarakan anak, dan menentukan kelahiran anak mereka.

Indikator Permasalahan Kesehatan Reproduksi Wanita.

Dalam pengertian kesehatan reproduksi secara lebih mendalam, bukan semata-mata sebagai pengertian klinis (kedokteran) saja tetapi juga mencakup pengertian sosial (masyarakat). Intinya goal kesehatan secara menyeluruh bahwa kualitas hidupnya sangat baik. Namun, kondisi sosial dan ekonomi terutama di negara-negara berkembang yang kualitas hidup dan kemiskinan memburuk, secara tidak langsung memperburuk pula kesehatan reproduksi wanita.

Indikator-indikator permasalahan kesehatan reproduksi wanita di Indonesia antara lain:

  1. Jender, adalah peran masing-masing pria dan wanita berdasarkan jenis kelamin menurut budaya yang berbeda-beda. Jender sebagai suatu kontruksi sosial mempengaruhi tingkat kesehatan, dan karena peran jender berbeda dalam konteks cross cultural berarti tingkat kesehatan wanita juga berbeda-beda.
  2. Kemiskinan, antara lain mengakibatkan:
    • Makanan yang tidak cukup atau makanan yang kurang gizi
    • Persediaan air yang kurang, sanitasi yang jelek dan perumahan yang tidak layak.
    • Tidak mendapatkan pelayanan yang baik.
  3. Pendidikan yang rendah.

Kemiskinan mempengaruhi kesempatan untuk mendapatkan pendidikan. Kesempatan untuk sekolah tidak sama untuk semua tetapi tergantung dari kemampuan membiayai. Dalam situasi kesulitan biaya biasanya anak laki-laki lebih diutamakan karena laki-laki dianggap sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga. Dalam hal ini bukan indikator kemiskinan saja yang berpengaruh tetapi juga jender berpengaruh pula terhadap pendidikan. Tingkat pendidikan ini mempengaruhi tingkat kesehatan. Orang yang berpendidikan biasanya mempunyai pengertian yang lebih besar terhadap masalah-masalah kesehatan dan pencegahannya. Minimal dengan mempunyai pendidikan yang memadai seseorang dapat mencari liang, merawat diri sendiri, dan ikut serta dalam mengambil keputusan dalam keluarga dan masyarakat.

  1. Kawin muda

Di negara berkembang termasuk Indonesia kawin muda pada wanita masih banyak terjadi (biasanya di bawah usia 18 tahun). Hal ini banyak kebudayaan yang menganggap kalau belum menikah di usia tertentu dianggap tidak laku. Ada juga karena faktor kemiskinan, orang tua cepat-cepat mengawinkan anaknya agar lepas tanggung jawabnya dan diserahkan anak wanita tersebut kepada suaminya. Ini berarti wanita muda hamil mempunyai resiko tinggi pada saat persalinan. Di samping itu resiko tingkat kematian dua kali lebih besar dari wanita yang menikah di usia 20 tahunan. Dampak lain, mereka putus sekolah, pada akhirnya akan bergantung kepada suami baik dalam ekonomi dan pengambilan keputusan.

  1. Kekurangan gizi dan Kesehatan yang buruk.

Menurut WHO di negara berkembang terrnasuk Indonesia diperkirakan 450 juta wanita tumbuh tidak sempurna karena kurang gizi pada masa kanak-kanak, akibat kemiskinan. Jika pun berkecukupan, budaya menentukan bahwa suami dan anak laki-laki mendapat porsi yang banyak dan terbaik dan terakhir sang ibu memakan sisa yang ada. Wanita sejak ia mengalami menstruasi akan membutuhkan gizi yang lebih banyak dari pria untuk mengganti darah yang keluar. Zat yang sangat dibutuhkan adalah zat besi yaitu 3 kali lebih besar dari kebutuhan pria. Di samping itu wanita juga membutuhkan zat yodium lebih banyak dari pria, kekurangan zat ini akan menyebabkan gondok yang membahayakan perkembangan janin baik fisik maupun mental. Wanita juga sangat rawan terhadap beberapa penyakit, termasuk penyakit menular seksual, karena pekerjaan mereka atau tubuh mereka yang berbeda dengan pria. Salah satu situasi yang rawan adalah, pekerjaan wanita yang selalu berhubungan dengan air, misalnya mencuci, memasak, dan sebagainya. Seperti diketahui air adalah media yang cukup berbahaya dalam penularan bakteri penyakit.

  1. Beban Kerja yang berat.

Wanita bekerja jauh lebih lama dari pada pria, berbagai penelitian yang telah dilakukan di seluruh dunia rata-rata wanita bekerja 3 jam lebih lama. Akibatnya wanita mempunyai sedikit waktu istirahat, lebih lanjut terjadinya kelelahan kronis, stress, dan sebagainya. Kesehatan wanita tidak hanya dipengaruhi oleh waktu.

About these ads
Categories: Kesehatan Masyarakat
  1. May 3, 2008 at 4:05 am

    artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    http://www.infogue.com/
    http://seksologi.infogue.com/kesehatan_reproduksi_wanita

    anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

    • ieda
      June 7, 2009 at 6:55 am

      Siip abiz dech!!!!!…..semua info tentang kespro emang harus dan mesti disebarluaskan, agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia sehat, kuat dan berdaya guna.Hidup kespro!

  2. July 4, 2008 at 1:36 am

    Thanks abiz dech. Semua memang ada ilmunya, semua info ‘n pengetahuan kesehatan secara herbal dan alami ada di blogQ

  3. dwi
    December 11, 2008 at 10:49 am

    ok dh,bagus and keren.lengkap banget.

  4. laila jauharoh
    January 16, 2009 at 2:25 am

    bicara soal kespro perempuan emang tidak bisa dilihat dari satu sisi. kami, di Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU (LKKNU) kabupaten jepara jawa tengah, sangat konsen dengan isu hak dan kespro perempuan. kami melakukan aktivitas kajian (terutama fiqh2 yang bias gender) dan juga advokasi bagi peempuan korban KDRT, kekerasan seksual dan kekerasan gender lainnya.
    saat ini, kami sedang melakukan sosialisasi penolakan pembangunan PLTN di semenanjung Muria, tepatnya di desa balong kecamatan kembang kabupaten Jepara, dari sisi “dampak radiasi nuklir terhadap kesehatan reproduksi”. so, kami sangat membutuhkan wacana yang lebih mendalam soal isu tersebut, jadi….tolong kami dibantu.
    salam hangat,
    ella

  5. IPOER
    April 27, 2009 at 6:39 am

    tuhan

  6. fitri
    June 1, 2009 at 5:56 am

    ok ok hahaha

  7. jono
    June 1, 2009 at 5:57 am

    wahhhhhh

  8. yuni
    October 9, 2009 at 8:41 am

    wauuuuuuuuuuuu!

  9. dwi purnawati
    February 1, 2010 at 7:56 pm

    artikelnya sangat membantu saya untuk di jadikan referensi penelitian

  10. dewi
    March 30, 2010 at 12:58 am

    kespro ok bgt…tp pengen taw donk about penyetaraan gender dan manfaatnya bgi wanita masa kini…

  11. imam
    March 31, 2010 at 1:45 am

    bagus tawwaaaaaaa

  12. gina
    April 11, 2010 at 6:57 am

    boleh tau sumber2/ referensinya gak??

  13. Dewi Purnamasari
    July 14, 2010 at 3:43 am

    thank’s bgt dch tas smw info,skrg q dah smkin byk taw ttg ksehtn WANITA.
    aq kn hdp lebh hti” dri skrg.

  14. arnhy
    July 31, 2010 at 7:01 am

    thank you

  15. Yeni
    September 19, 2010 at 5:42 am

    Matur Thank you

  16. eki
    September 19, 2010 at 1:51 pm

    hak privasi tolong brikan contoh
    thankz sblumnx

  17. September 21, 2010 at 7:24 pm

    Kesehatan Reproduksi Wanita? kok gak Kesehatan Reproduksi Perempuan? kenapa ya…?

  18. yelvi
    December 5, 2010 at 3:25 am

    makasih ya..bermanfaat banget^^

  19. January 23, 2011 at 5:12 am

    Thnks infox,seepzz bget dach. . .tp aq msh ag’ bgung mslah reproduksi,ya pgen konsultasi dach. . .

  20. February 19, 2011 at 3:43 am

    lam kenal all

  21. mardiani
    February 20, 2011 at 1:05 pm

    ya bner banget gizi ntuk perkembangan kespro memang sangat dibutuhkan sekali oleh wanita

  22. yosi
    March 5, 2011 at 6:15 am

    mksih y ad hkmah na yg aq dpet dri sni

  23. yosi
    March 5, 2011 at 6:21 am

    maksih udh bnyak manfaat yg aq dpet dri sni ??????

  24. Anonymous
    March 29, 2011 at 8:37 am

    tuhan….thx tlah ngasih ibu yang terbaik…

    luv u mom n dad…

    banyak manfaatnya baca ini…:)

  25. enung siti fatimah zahra
    March 29, 2011 at 8:43 am

    thx…banyak bgdt manfaatnya baca ini..:)

  26. May 31, 2011 at 8:31 am

    bgus sekali blog anda terimakasih ya sangat membantu…..

  27. June 1, 2011 at 3:54 am

    nice info…:D

  28. June 6, 2011 at 12:07 pm

    sangat menarik,tapi saya ngin memberi saran,bagaimana jika infonya diperbanyak lagi dengan macam-macam penyakit organ reproduksi wanita serta penyebab-penyebabnya dan juga beberapa cara untuk mengatasinya.
    karna saya juga mengalami sedikit masalah dengan organ kewanitaan saya.
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  29. June 12, 2011 at 8:17 am

    trimakasih atas info anda……………. semoga bermanfdaat untuk kami

  30. puput
    June 16, 2011 at 8:14 am

    makasih infonya. karena aku butuh tema untuk seminar tentang kesehatan wanita. kalo ada yang mau share tentang kesehatan reproduksi wanita yang paling HOT untuk dijadikan seminar apa ya?

    terima kasih.

  31. aku
    August 7, 2011 at 9:45 am

    hiiiii saruuuu

  32. August 10, 2011 at 1:44 am

    Nice and great article, sangat membantu sekali dalam mendapatkan informasi yang bermanfaat. Sukses selalu untuk pemilik web atau blog ini.

  33. August 10, 2011 at 2:17 am

    Sungguh artikel yang menarik, perkenalkan kami adalah Rumah Sakit Bersalin Lombok Dua Dua. Kami bertekad memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Melalui motto: “Serasa melahirkan dirumah sendiri”, Rumah Sakit Bersalin Lombok Dua Dua Surabaya akan memberikan pelayanan dengan dedikasi tinggi. pelayanan kebidanan dan kandungan yang aman, efektif dan bermutu dalam suasana kekeluargaan yang kental dengan sentuhan penuh kasih sayang. More info (031)7526071

  34. October 17, 2011 at 2:45 pm

    makasih artikelnya gan.,.
    salam kenal

  35. November 22, 2011 at 1:50 am

    artikelmu sangat bagus n sangat membantu sya dalm ujian saya.thaanks

  36. January 28, 2012 at 2:18 am

    thanx bwt informasiny

  37. March 14, 2012 at 10:12 am

    artikel yang menarik sekali

  38. melany
    March 27, 2012 at 1:10 pm

    bagi info tentang masalah kespro yang trbaru in donk,,,. sebelumnya thanks

  39. icka
    April 2, 2012 at 1:05 pm

    sssiiiiiiiipppppp…….!!!

  40. Hendy
    April 12, 2012 at 5:01 am

    Indikator-indikator permasalahan kesehatan reproduksi wanita di Indonesia khususnya Kawin muda, akan terus menjadi masalah serius terhadap hak sehat reproduksi wanita Indonesia, apabila Mahkamah Konstitusi tidak segera melakukan revisi terhadap UU No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan, khususnya Pasal 7 ayat (1) Perkawinan hanya diizinkan bila pihak pria mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai usia 16 (enam belas) tahun.
    Dukung Revisi UU No 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan, karena sudah tidak sesuai dgn UUD 1945, UU No 36 Th 2009 Tentang Kesehatan, UU No 39 Th 1999 Tentang HAM.

  41. Delia Ocfian
    May 22, 2012 at 12:39 pm

    hemmmmmmmmmmmmm………………. amattt sangat bagus tuchhh karena kesehtan reproduksi sngat perlu beuddd trtama bgioi wanitaaaaaaaaaaa emmmmmmmmmmmmmmmmmmm jozzzzzzzz

  42. June 22, 2012 at 5:12 am

    artikel luar biasa.,., menambah ilmu

  43. July 7, 2012 at 3:11 am

    Artikel anda besar sekali manfaatnya, semoga akan menjadi inspirasi bagi pembaca untuk memperhatikan kesehatan reproduksi

  44. July 17, 2012 at 11:31 am

    infonya menarik sekali. boleh untuk di copy? thx b4…

  45. indochord
    September 20, 2012 at 7:28 am

    Formula Baru Pembersih kewanitaan bahkan mengembalikan keperawanan

    FORMULA BARU PRODUK PEMBERSIH KEWANITAAN

    K-Puyikang merupakan produk pembersih kewanitaan yang terkenal dari Jepang. Berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kewanitaan seperti keputihan, iritasi, ketidak nyamanan akibat bau amis/busuk, rasa panas dan gangguan lain pada organ kewanitaan. Juga dapat mengurangi nyeri, infeksi jamur pada vagina sehingga menjadi mulus kembali dan mengatur siklus bulanan. K-Puyikang memungkinkan anda menjadi wanita idaman

    http://www.k-linkglobal.com/index.php?m=52&idp=4&id=k-linkglobal

  46. VinSons
    January 14, 2013 at 2:57 pm

    apa masalahkesehatan terkait kesehatan reproduksi ….?

  47. October 23, 2013 at 7:51 am

    terimakasih infonya…berguna sekali untuk wanita..memang menjaga kesehatan wanita itu sangat penting terutama organ reproduksi..

  48. June 23, 2014 at 9:27 am

    Terimakasih atas artikel yg bermanfaat. Memang seharusnya dibangun kesadaran akan kesehatan reproduksi wanita secara lebih luas di masyarakat.

  49. July 15, 2014 at 8:02 am

    Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat…
    Kesehatan reproduksi wanita memang sangat penting untuk dijaga, karena selain merupakan organ yang memiliki peran penting bagi tubuh, alat reproduksi merupakan salah satu aset penting bagi kita. Menjaga kesehatan reproduksi dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat serta mengkonsumsi makanan bergizi, selain itu juga bisa mengkonsumsi suplemen yang juga dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi kita :)

  1. September 28, 2011 at 2:30 pm
  2. July 22, 2013 at 2:23 pm
  3. April 28, 2014 at 9:30 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: