Home > Kesehatan Reproduksi Remaja > Resiko Tinggi Kehamilan Remaja (Usia Muda)

Resiko Tinggi Kehamilan Remaja (Usia Muda)


1. Pengertian Kehamilan Resiko Tinggi.

Kehamilan usia dini memuat risiko yang tidak kalah berat. Pasalnya, emosional ibu belum stabil dan ibu mudah tegang. Sementara kecacatan kelahiran bisa muncul akibat ketegangan saat dalam kandungan, adanya rasa penolakan secara emosional ketika si ibu mengandung bayinya. (Ubaydillah, 2000).

2. Dampak Kehamilan Resiko Tinggi pada Usia Muda.

a. Keguguran.

Keguguran pada usia muda dapat terjadi secara tidak disengaja. misalnya : karena terkejut, cemas, stres. Tetapi ada juga keguguran yang sengaja dilakukan oleh tenaga non profesional sehingga dapat menimbulkan akibat efek samping yang serius seperti tingginya angka kematian dan infeksi alat reproduksi yang pada akhirnya dapat menimbulkan kemandulan.

b. Persalinan prematur, berat badan lahir rendah (BBLR) dan kelainan bawaan.

Prematuritas terjadi karena kurang matangnya alat reproduksi
terutama rahim yang belum siap dalam suatu proses kehamilan, berat badan lahir rendah (BBLR) juga dipengaruhi gizi saat hamil kurang dan juga umur ibu yang belum menginjak 20 tahun. cacat bawaan dipengaruhi kurangnya pengetahuan ibu tentang kehamilan, pengetahuan akan asupan gizi rendah, pemeriksaan kehamilan (ANC) kurang, keadaan psikologi ibu kurang stabil. selain itu cacat bawaan juga di sebabkan karena keturunan (genetik) proses pengguguran sendiri yang gagal, seperti dengan minum obat-obatan (gynecosit sytotec) atau dengan loncat-loncat dan memijat perutnya sendiri.

Ibu yang hamil pada usia muda biasanya pengetahuannya akan gizi masih kurang, sehingga akan berakibat kekurangan berbagai zat yang diperlukan saat pertumbuhan dengan demikian akan mengakibatkan makin tingginya kelahiran prematur, berat badan lahir rendah dan cacat bawaan.

c. Mudah terjadi infeksi.

Keadaan gizi buruk, tingkat sosial ekonomi rendah, dan stress memudahkan terjadi infeksi saat hamil terlebih pada kala nifas.

d. Anemia kehamilan / kekurangan zat besi.

Penyebab anemia pada saat hamil di usia muda disebabkan kurang pengetahuan akan pentingnya gizi pada saat hamil di usia muda.karena pada saat hamil mayoritas seorang ibu mengalami anemia. tambahan zat besi dalam tubuh fungsinya untuk meningkatkan jumlah sel darah merah, membentuk sel darah merah janin dan plasenta.lama kelamaan seorang yang kehilangan sel darah merah akan menjadi anemis..

e. Keracunan Kehamilan (Gestosis).

Kombinasi keadaan alat reproduksi yang belum siap hamil dan anemia makin meningkatkan terjadinya keracunan hamil dalam bentuk pre-eklampsia atau eklampsia. Pre-eklampsia dan eklampsia memerlukan perhatian serius karena dapat menyebabkan kematian.

f. Kematian ibu yang tinggi.

Kematian ibu pada saat melahirkan banyak disebabkan karena perdarahan dan infeksi. Selain itu angka kematian ibu karena gugur kandung juga cukup tinggi.yang kebanyakan dilakukan oleh tenaga non profesional (dukun).

Adapun akibat resiko tinggi kehamilan usia dibawah 20 tahun antara lain:

a. Resiko bagi ibunya :

(1) Mengalami perdarahan.

Perdarahan pada saat melahirkan antara lain disebabkan karena otot rahim yang terlalu lemah dalam proses involusi. selain itu juga disebabkan selaput ketuban stosel (bekuan darah yang tertinggal didalam rahim).kemudian proses pembekuan darah yang lambat dan juga dipengaruhi oleh adanya sobekan pada jalan lahir.

(2) Kemungkinan keguguran / abortus.

Pada saat hamil seorang ibu sangat memungkinkan terjadi keguguran. hal ini disebabkan oleh faktor-faktor alamiah dan juga abortus yang disengaja, baik dengan obat-obatan maupun memakai alat.

(3) Persalinan yang lama dan sulit.

Adalah persalinan yang disertai komplikasi ibu maupun janin.penyebab dari persalinan lama sendiri dipengaruhi oleh kelainan letak janin, kelainan panggul, kelaina kekuatan his dan mengejan serta pimpinan persalinan yang salahKematian ibu.

Kematian pada saat melahirkan yang disebabkan oleh perdarahan dan infeksi.

b. Dari bayinya :

(1) Kemungkinan lahir belum cukup usia kehamilan.

Adalah kelahiran prematur yang kurang dari 37 minggu (259 hari). hal ini terjadi karena pada saat pertumbuhan janin zat yang diperlukan berkurang.

(2) Berat badan lahir rendah (BBLR).

Yaitu bayi yang lahir dengan berat badan yang kurang dari 2.500 gram. kebanyakan hal ini dipengaruhi kurangnya gizi saat hamil, umur ibu saat hamil kurang dari 20 tahun. dapat juga dipengaruhi penyakit menahun yang diderita oleh ibu hamil.

(3) Cacat bawaan.

Merupakan kelainan pertumbuhan struktur organ janin sejak saat pertumbuhan.hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kelainan genetik dan kromosom, infeksi, virus rubela serta faktor gizi dan kelainan hormon.

(4) Kematian bayi.kematian bayi yang masih berumur 7 hari pertama hidupnya atau kematian perinatal.yang disebabkan berat badan kurang dari 2.500 gram, kehamilan kurang dari 37 minggu (259 hari), kelahiran kongenital serta lahir dengan asfiksia.(Manuaba,1998).

  1. sofia amos
    December 20, 2008 at 11:22 am | #1

    menurut saya pribadi, karna saya juga sedang hamil muda (16 thn).
    terganggu atau tidaknya janin dalam kandungan tergantung dari kesehatan ibu itu sendiri.
    jika ibu hamil itu tidak dalam keadaan yg vit sejak sebelum melahirkan, atau punya penyakit turunan itulah yg menyebabkan terganggunya janin di dalam kandungan,,,

    thx—sofia

    • Anonymous
      April 7, 2012 at 3:16 pm | #2

      tapi kan kebanyakan mbak..mengalami resiko…
      dari ibu,dan bayi..karena organ reproduksinya belum sempurna…

    • Anonymous
      July 30, 2013 at 12:06 am | #3

      oh my god ! u such a bitch ! u got ur pregnancy in that age ? come on, this world is getting crazy !

  2. rissa
    March 13, 2009 at 4:19 am | #4

    klo menurut saya kehamilan usia dini memang rentan bahaya, tetapi seberapa dini yang sedang hamil itu yang mesti dilihat lagi. klo usia dibawah 15 th memang saya kira masih terlalu beresiko untuk hamil, tapi klo sudah diatas 15th kayaknya oke2 aja.. tergantung bagaimana proses kehamilan itu terjadi. klo hasil pemerkosaan pasti lebih berbahaya lagi, tapi klo memang hasil suka sama suka ya kayaknya akan baik2 saja. btw tx infonya, jd qt lbh bs hati2. bwt sofia semangat yaaaa.smga lancar proses kehamilannya.
    salut dh km 16th dah hamil.

  3. dhesha_improper
    March 29, 2009 at 4:47 am | #5

    asslm…
    bisa ga menampilkan seperti apa gambaran kehamilan remaja di indonesia? trus tugas bidan di komunitas??

    • vicky
      April 27, 2010 at 7:52 am | #6

      www
      gambaran kehamilan remaja itu bisa aza ditampilkan melalui banyak media,misal nya disini,lewat buku juga banyak.
      dan tugas bidan di komunitas itu banyak bu?,,,
      misal nya ya,sebagai peneliti,pendidik,pelaksana,dan pengelola,,,
      hehe…itu aza yang tauku,,,,

      • dedew_mutzz
        April 7, 2012 at 3:29 pm | #7

        gambaran nya tercermin dari remaja itu sendiri prilaku dy baik apa tidak…
        bidan smuanya biza,,insaallah…

  4. Ihfal
    April 10, 2009 at 12:49 pm | #8

    Assl.., mw tnya knpa org yg tinggnya kurg dri 145 itu d ktegorikan resti. Padahal skian bnyk org dgn tinggi seperti d ats justru baik 2 aja ko !!

    • Anonymous
      April 27, 2010 at 7:49 am | #9

      WWW
      tergantung…..karena orang yang tingginya kurang dari itu,,,kemungkinan alat-alat kandungan nya belum matang,,,,dan kalo pun tingginya kurang dan baik2 aja,mungkin nutrisi dan gizi nya cukup….

    • fafa
      October 13, 2010 at 3:08 am | #10

      tambahan z… bumil yang tingginya kurang dari 145cm bentuk tulang panggulnya biasanya tidak normal, jadi tulang panggulnya sempit, sehingga klo pd saat mu melahirkan biasanya terjadi gangguan2 persalinan misalnya macetnya bahu kluar, tp hal itu bisa didorong dengan kondisidan power ibu saat bersalin.

  5. fit
    April 13, 2009 at 4:50 pm | #11

    Ass. sama..sy juga pngn tau pa bnr terganggu atau tidaknya janin dalam kandungan tergantung dari kesehatan ibu itu sendiri m3skipun hamilnya pd usia <20th?
    trz bisa ga menampilkan seperti apa gambaran kehamilan remaja di indonesia?
    thx.

  6. icci
    April 18, 2009 at 11:18 am | #12

    kehamilan dengan resiko tinggi perlu diwaspadai dengan memelihara kondisi prima, pemeriksaan kehamilan secara teratur, dan menjelang persalinan mendekatkan diri dengan empat pelyanan kesehatan

  7. izyan
    May 15, 2009 at 4:38 am | #13

    saya mengandung pd usia 17 thn. anak dilahirkan cuma 2.5kg.
    ketika mengandung saya kurang pengetahuan tentang pregnancy. saya mengalami bilangan darah kurang, kekurangan zat dan vitamin. syukur saya normal delivery dan anak saya sempurna dan sihat.

  8. July 9, 2009 at 12:04 pm | #14

    Saya mengalami khmilan di usia muda , tpi saya blm pernah pRiksa kd0kter. Krn sya mrsa tkt,. Akibatnya sya sring skt2n,dan mual2.,dan juga emosi yg tdk stabil.,mudah sekali marah. Apakah ini berpngaruh dgn janin yg sya kndung? ? ?

    Thnkz..Lia

  9. July 9, 2009 at 12:06 pm | #15

    Saya mengalami khmilan di usia muda , tpi saya blm pernah pRiksa kd0kter. Krn sya mrsa tkt,. Akibatnya sya sring skt2n,dan mual2.,dan juga emosi yg tdk stabil.,mudah sekali marah. Apakah ini berpngaruh dgn janin yg sya kndung? ? ?

    Thnkz..Lia

  10. fiki
    October 20, 2009 at 3:11 am | #16

    saya seorang usia 19th,
    lebih dari sekedar usia saya yang masih muda tapi juga ada beberapa hal yang menjadikan saya takut dengan kehamilan saya karna dari saya menginjak usia 13th kondisi saya memburuk.saya lemah untuk panas,saya juga tidak kuat kalau berdiri terlalu lama,saya juga ada varises,kepala sering pusing,jantung saya suka tak ada kontrol,saya sering sakit sekitar pinggang,dan saya juga sult tidur,saya juga kurang darah.dan saya juga masih bekerja sekarang.apa semua yang ada di saya akan mempengaruhi bayi saya?
    apa yang saya lakukan untuk mengurangi resiko buruk untuk bayi saya?
    gimana caranya saya untuk sembuh dari semua itu?
    saya sayang bayi saya saya sarannya di email saya
    (kisyanpoo@ymail.com)

  11. mahfira
    December 31, 2009 at 1:57 pm | #17

    makasih infonya ya..
    nambah pngtahuan saya yg jg hamil di usia 18th.
    Saran saja buat tmen2 yg lain, kalo misalny mengalami khamilan di usia muda(apalagi di luar nikah), jangan segan atau takut untuk berkonsultasi dengan orang lain, terutama keluarga. Karena rasa takut itu justru merugikan diri kita sendiri dan janin.keluarga pasti bisa menerima seberat apapun kesalahan kita.

    • creasoft
      January 1, 2010 at 3:56 am | #18

      Thx telah berbagi, untuk hal-hal yang sulit lebih baik belajar dari pengalaman orang lain daripada harus mengalami sendiri….

      • Anonymous
        March 4, 2010 at 7:20 am | #19

        hati2 dalam bergaul,n kebetulan saya mengambil penelitian tentang kehamilan di bawah umur 20 th,doakan saya berhasil yah,n mydh2an bisa berkurang kejadian kehamilan di bawah umur 20 th….

  12. Dona Maria Rosalia
    April 13, 2010 at 9:01 am | #20

    bagus lagi klo ada referensi……….

  13. Itha
    May 22, 2010 at 2:29 am | #21

    Ya. . . . MeNuRut sY sich. . . OK2 aja yAch kLau hMIl di uSIa 15 ke ataS, yG pnTiNg kOnSumsi makNan yG brGiZi. . . And mau naNya ni. . APa siCh cAraX uTk mEnGatasi muaL AnD mUntah yG bRleBiHn pD ibU hMil. . . ?

    • irlyta
      January 5, 2011 at 10:43 am | #22

      assalam,,,

      muntah yg berlebihan (hyperemisis) disebabkan karena adanya peningkatan-peningkatan hormon esterogen dan progesteron.
      cara utk mngatasinya adalah :
      1. tingkatkan protein Fe (zat besi), sprti : protein nabati.
      2. makan yang asem-asem tetapi jgan brlebihan, karena dapat menyebabkan asam lambung meningkat.
      3. kurangi minuman yang berhubungan dgn glukosa. spt : teh manis, gula ..

      tetapi prlu di ingat bahwa hamil tetap harus menjaga gizi seimbang, karena hyperemesis dapat menyebabkan:
      1. bayi prematur
      2. pendarahan
      3. keguguran, karena kekurangan O2 didalam kandungan

      utk lebih jelasnya silahkan tanyakan kpd bidan anda…

      wassalamualaikum,,

  14. Itha
    May 22, 2010 at 5:14 pm | #23

    Cari iNfOx dI iNternet aja. . !

  15. May 31, 2010 at 3:30 pm | #24

    bisa minta jurnal tentang persalinan remaja?

  16. randum
    October 18, 2010 at 9:11 am | #25

    gimana ya tipsny biar isa cepet hamil????
    ak nikah ru 1 minggu tp dah pengen bgt hamil….

    • irlyta.keb
      January 5, 2011 at 10:45 am | #26

      ssaaabbaaarrrr tawakal dan ikhtiar..
      mungkin allah belum mngizinkannya,

  17. endah ‘enjez’
    November 17, 2010 at 5:58 am | #27

    . thnk’z bwt info x ………
    . sya lebih tau …..
    . sya lebih bz jaga diri ……………..

  18. meilisa paramitha
    January 19, 2011 at 3:44 am | #28

    bagaimana cara untuk menjaga kehamilan pada usia muda agar tidak terjadi keguguran???,,….

  19. verra
    April 11, 2011 at 7:17 am | #29

    ada yang tau gak pengertian tentang pengetahuan resiko kehamilan remaja…kalau ada kasih ke email u ya,kapan perlu dgn referensinys…

  20. September 4, 2011 at 11:13 am | #30

    assalamu’alaikum.. sebaiknya menikah dengan usia yang sudah sekitar umur 20-25 tahun sehingga semua alat reproduksi wanita bisa menerima proses kehamilannya dengan baik. wanita tersebut juga sudah mengetahui tentang kehamilannya dan tak lupa juga suami serta keluarga memperhatikan proses kehamilan wanita tersebut. jadi proses kehamilan berjalan lancar sampai persalinan dan mengurangi terjadinya kelahiran bayi dengan berat badan lahir rendah…

  21. Anonymous
    October 4, 2011 at 3:35 pm | #31

    maaf mas artikelnya kalau boleh tau penulisnya siapa yh???buat referensi aja soalnya ditanyain nih penulisnya..

  22. October 8, 2011 at 1:07 am | #32

    daftar pustakanya minta dong

    kirim ke rehan_o3@yahoo.com trus bisa saya dapatkan di mana pustaka tersebut?? thanks

  23. darma
    November 4, 2011 at 7:21 am | #33

    jka kita lihat tidk ada khan keuntungannya hamil muda tetapi knapa ya masih ada juga remaja yang melakukan nikah muda yang akhirnya akan memberikan resiko tersendiri bagi dia setelah hamil.

  24. Anonymous
    November 10, 2011 at 3:50 pm | #34

    MEMAng tidak ada dan knp hal itu bisa terjadi mungkin karena pergaulanya terlalu bebas shingga mreka pingin mencoba coba akhirnya hmil di luar nikah,mungkin juga bysanya kn org yg ndeso anaknya dikwinkan usia mudah .dan pengetahuan remaja tentang alat reproduksi kurang

  25. nina
    November 12, 2011 at 6:30 am | #35

    aq juga baru menikah,
    dan skrg usia aq masih 18thn….
    rasanya mmnk ckup menghawatirkan menjalani kehamilan di usia muda.
    tapi itu mmnk tergantung kesiapan seorang ibu untuk menjalani kehamilan di usia muda.
    klw berawal baik2 saja, pasti akhirnya akan baik2 saja…
    tergantung bagai mana menjaga keseimbangan makanan kita..
    tnx info nya…..

  26. December 2, 2011 at 6:53 am | #36

    terus,
    gmana dunk dg yg nikah2 muda itu?
    Klo suamix udh pengen anak?

  27. January 8, 2012 at 2:26 am | #37

    hai :) nma ku gita dan usia ku 15 tahun, aku sedang hamil tua sekitar 7 bulan. aku seneng karna aku bisa hamil, suamiku jauh lebih tua dari pada aku, (dia 19 tahun) aku emang nikah muda tapi, itu berdasarkan keputusan ku :) aku sangat bahagia dan aku tetap berseoklah. teman teman ku juga biasa aja, mereka malah mendukung aku. aku sekarang punya rumah sendiri, belajar sendiri dan melayani suamiku. yeah, aku emang tumbuh terlalu cepat. Tapi aku sangat bahagia sekali. walapun kita dah nikah, tapi tiap hari rasanya seperti orang pacaran ^^ selalu mesra. aku bahagia sekali :)

  28. Edoypocers
    February 7, 2012 at 5:55 am | #38

    Klw hamil umur 22 tahun. Ap yang akan terjadi. Trims.

  29. Christine
    February 13, 2012 at 5:53 am | #39

    nikah muda itu memang keputusan pribadi, tapi kalo nggak punya hati,cinta, dan kasih yg kuat…apalagi usia remaja itu pola pikirnya belum dewasa.
    banyak loh anak2 remaja yg merasa kalo mereka itu dewasa.
    kebanyakan sih pernikahan dini itu bubar pada tahun ke 4…..apalagi kalo suka sama suka berdasarkan tampang doang….
    emang mau kerja apaan?? apa cm mau kerja dikasur doang????
    gak enak loh jd ibu rumah tangga yg cm ngurus anak dan rumah…
    godaan di luar itu kan banyak…apalagi cowo yg umurnya masih muda, pikirannya masih pengen seneng2 ngabisin masa mudanya…
    trus endingnya kalo udah bosen,jenuh, muak, udah nggak cinta dll….tuh cewe yg statusnya janda (sorry) ,mau kerja apaan?
    kan pendidikannya rendah,
    banyak loh yg jd pelacur…. :O
    tapi jalan hidup tuh emang terserah dan suka2 gue….
    belajar dari pengalaman orang tu emang bijak banget, karna kita nggak perlu merasa sakit atau nyesel……nyesel itu nggak sekarang, tp ntar…..hehehe
    God bless…

  30. Winny
    February 13, 2012 at 5:59 am | #40

    Christine :
    nikah muda itu memang keputusan pribadi, tapi kalo nggak punya hati,cinta, dan kasih yg kuat…apalagi usia remaja itu pola pikirnya belum dewasa.
    banyak loh anak2 remaja yg merasa kalo mereka itu dewasa.
    kebanyakan sih pernikahan dini itu bubar pada tahun ke 4…..apalagi kalo suka sama suka berdasarkan tampang doang….
    emang mau kerja apaan?? apa cm mau kerja dikasur doang????
    gak enak loh jd ibu rumah tangga yg cm ngurus anak dan rumah…
    godaan di luar itu kan banyak…apalagi cowo yg umurnya masih muda, pikirannya masih pengen seneng2 ngabisin masa mudanya…
    trus endingnya kalo udah bosen,jenuh, muak, udah nggak cinta dll….tuh cewe yg statusnya janda (sorry) ,mau kerja apaan?
    kan pendidikannya rendah,
    banyak loh yg jd pelacur…. :O
    tapi jalan hidup tuh emang terserah dan suka2 gue….
    belajar dari pengalaman orang tu emang bijak banget, karna kita nggak perlu merasa sakit atau nyesel……nyesel itu nggak sekarang, tp ntar…..hehehe
    oia saran buat yg lg hamil…banyak2 minum air.
    God bless…

  31. February 17, 2012 at 10:43 am | #41

    thx

  32. Larrisa
    March 4, 2012 at 9:05 am | #42

    Aku maw tny nih..ak hml dluar nkah umurku 18th..ortuku blm tau..ak bgung bgd hrus gmana..solusinya dng..

  33. Ibenk
    April 3, 2012 at 11:04 pm | #43

    .resiko yang sangat tinggi

  34. Gina
    April 17, 2012 at 12:50 pm | #44

    Aku mau nikah bentar lagi, umurku 20th,tp Q mau menunda punya momongan, pengennya sich aku ga pake alat ato obat KB, bisa kasih saran gmn caranya menunda kehamilan tanpa alat ato obat KB?Aman ga mengkonsumsi ato pake alat KB seelum kita punya anak?

  35. saya
    April 26, 2012 at 2:46 am | #45

    asslm………….bisa mbakk,,coba aj KB kalender

  36. wijay
    May 24, 2012 at 3:39 am | #46

    kandungan saya sudah memasuki usia 4 bulan tetapi kenapa perut saya masih keliatan kecil padahal semestinya di usia tersebut sudah kelihatan besar …..
    apakah kandungan saya baik-baik saja …????

  37. Anonymous
    October 7, 2012 at 4:51 am | #47

    oh iya sya mau tnya…gjla klinis yg terjadi jika hmil usia muda ap y

  38. October 22, 2012 at 5:25 am | #48

    gxabnx

  39. nurma
    October 28, 2012 at 2:29 pm | #49

    seandainya cari referensi buku tentang resiko tinggi primigiravida muda (<20 th) dmn ya. karena saya mau membuat propsal tugas akhir tapi bingung referensi bukunya kok sedikit :(

  40. January 24, 2013 at 12:32 am | #50

    Ass… Sebentar lg saya nikah dan usia saya baru 15 thn’ calon suami saya tdk mau punya momongan dulu karna usia saya masih terlalu muda . Padahal saya pengen banget ngegendong” bayi dan bisa temani saya saat suami saya pergi berlayar.. Apakah saya harus nunggu sampe usia saya 20 thn’ baru mempunyai bayi.. :( apakah gak ada cara lain selain nunggu usia 20..

  41. October 24, 2013 at 6:58 am | #51

    hamil di usia muda memang beresiko tinggi..dengan membaca artikel ini semoga menambah pengetahuan bagi para remaja perempuan..

  42. Anonymous
    October 25, 2013 at 7:23 am | #52

    saya berumur 15thn sedang hamil,makasih buat infonya.jadi menambah pngthuan saya,jadi lebih hati2 lagi .

  43. Ynti
    November 5, 2013 at 7:49 am | #53

    Saya juga nikah muda, tpi sya takut akan kehamilan saya ,pdhal my husband udah pngen bnget pnya momongan gimana ya ?

  44. nia
    December 8, 2013 at 2:16 pm | #54

    sblumnya trmaksh buat artikelnya, sy jg mnikah muda melahirkan usia 15th, alhmdulillah anak sy shat lhir 3,5kg skrng sdh brusia 3th..y mau bgmn lg,keadaan zman skrng ini pergaulan bebas merajalela,so akibtny hmil dluar nikh,gmn drpd gak ada bpkny dosa lagi..sma2 hml koq mnding nikah..iya nggak?

    • san
      February 7, 2014 at 6:56 am | #55

      kalu risiko kesehatan pada kehamilan usia remaja itu apa saja ada yang tahu gk?
      risiko kesehatan? bukan risiko
      kehamilan ya?

  45. March 1, 2014 at 11:59 am | #56

    risiko yang diderita remaja 16 tahun ketika sudah berhasil menggugurkan kandungannya dengan obat-obatan itu apa?
    besar gak risiko yang diderita? apakah bisa terkena kanker atau mandul?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 51 other followers

