Home > Uncategorized > Prita Vs OMNI (Ada yang nggak beres!!!!)

Prita Vs OMNI (Ada yang nggak beres!!!!)


1. Prita terlalu emosional, sangat terlihat dari kata-kata di Surat pembaca atau email yang dilayangkannya dan tidak menggunakan saluran-saluran resmi yg sudah ada.
2. OMNI terlalu mengecilkan arti kemanusiaan dan mengedepankan sisi kebendaan, terlihat dari langkahnya yang mengajukan tuntutan pidana dan perdata sekaligus (walaupun dimungkinkan dalam negara ini)
3. Penegak hukum mengabaikan MOTIF prita, sesuatu yang paling utama yang harus dibuktikan dalam penegakan hukum pidana
Prinsip utama dalam berperkara yang selalu menjadi persepsi bagi hampir semua penegak hukum adalah : JIKA ADA 2 PIHAK YG BERPERKARA DAN SAMPAI PADA RANAH HUKUM BERARTI KEDUANYA TIDAK BERES!!!!

Categories: Uncategorized
  1. June 6, 2009 at 7:10 am

    Percuma untuk nomer 3.
    Baca blog-nya Anggara setelah tuntutan kawan2ku ditolak oleh MK.

    Pada prakteknya, pengadilan pencemaran nama baik tidak pernah membuktikan apakah pernyataan tersebut benar atau tidak.

    Lihat saja kisah Yap Thiam Hien di tahun 1968, ketika membocorkan fakta bahwa kliennya diperas oleh jaksa. Yang terjadi, ia dituduh sebagai mencemarkan nama baik, gak perduli benar atau salah. Hanya karena tekanan masyarakat, akhirnya bebas di tingkat MA.

    Lihat kasus Times versus Soeharto. Hasil investigasi pada kekayaan Soeharto saja belum dilakukan, tetapi pengadilannya sudah mulai.

    Tuntutan nomer satu dari halaman Cause di Facebook (yang pertama kali bikin gempar) adalah:

    “Cabut segala ketentuan hukum pidana tentang pencemaran nama baik karena sering disalahgunakan untuk membungkam hak kemerdekaan mengeluarkan pendapat”

    Sekedar catatan: Prita bukan satu-satunya kasus. Ada kasus Fifi Tanang, Kho Seng Seng, dan Winnie yang dipenjara dengan tuduhan pencemaran nama baik karena mengirim surat pembaca yang seharusnya dilindungi oleh UU Pers dan UU Perlindungan konsumen.

  2. creasoft
    June 6, 2009 at 7:29 am

    Setuju!!! Cabut klausul pencemaran nama baik pada UU apapun…kalau tanpa pembuktian kebenaran pada hal yang menyebabkan pencemaran!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: