Home > Uncategorized > Operant and Classical Conditioning.

Operant and Classical Conditioning.


Pernyataan Thorndike (dalam Eagly dan Chaiken, 1993) yang sangat monumental bahwa ”Pleasure stamp in, pain stamp out” sangat mudah membantu dalam memahami sebab-sebab dimasukkannya teori operant conditioning ini ke dalam kelompok proses afektif
yang mempengaruhi pembentukan dan perubahan sikap. Dengan definisi sikap sebagai predisposisi yang dipelajari, perasaan positif yang dialami sebagai konsekuensi dari sikap atau perilaku tertentu cenderung mendorong individu untuk mengulangi atau mempertahankan sikap dan perilaku tersebut.
Sebaliknya perasaan negatif akan mendorong individu meninggalkan sikap atau perilaku tertentu. Contoh sederhana untuk implementasi prinsip operant conditioning ini dengan sikap misalnya individu memberikan kesempatan orang lain menggunakan jalan terlebih dahulu apabila setiap kali ia memberi kesempatan, ia mendapat perlakuan yang positif berupa ucapan terima kasih
atau senyuman dari orang lain. Contoh lain, apabila seorang menggunakan email dalam berkomunikasi ia mendapat respon positif dan cepat dari rekan-rekannya.
Prinsip conditioning yang lain adalah teori Pavlov yang lebih dikenal dengan classical atau respondent conditioning juga dapat dipandang sebagai proses afektif. Dalam teori ini dikemukakan bahwa individu akan bersikap positif terhadap objek yang sering disajikan bersamaan dengan stimulus positif. Misalnya eksperimen yang dilakukan Staats & Staats (1958) yang menyajikan kata Dutch yang selalu dipasangkan dengan kata negatif dan kata wedish yang dipasangkan dengan kata-kata positif. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa subjek eksperimen lebih menyukai kata Swedish daripada Dutch. Implementasi teori respondent conditioning ini dalam penggunaan TIK, dapat disaksikan pada individu yang memilih menulis email daripada datang menemui rekan bisnisnya karena email berkaitan dengan semboyan ’melek TIK’ atau melek IT atau ’IT litterate’ yang merupakan salah satu ciri kelompok masyarakat yang maju.

Categories: Uncategorized Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: