Home > Kesehatan Masyarakat > Konsep Minat

Konsep Minat


Eysenck dkk (2002) mendefinisikan minat sebagai suatu kecenderungan untuk bertingkah laku yang berorientasi kepada objek, kegiatan, atau pengalaman tertentu, dan kecenderungan tersebut antara individu yang satu dengan yang lain tidak sama intensitasnya. Sedang Witherington (1999) berpendapat bahwa minat adalah kesadaran seseorang pada sesuatu, seseorang, suatu soal atau situasi yang bersangkut paut dengan dirinya. Tanpa kesadaran seseorang pada suatu objek, maka individu tidak akan pernah mempunyai minat terhadap sesuatu. Menurut Hurlock (1996) dalam Purwanto (2002) mengartikan minat sebagai sumber motivasi yang akan mengarahkan seseorang pada apa yang akan mereka lakukan bila diberi kebebasan untuk memilihnya. Bila mereka melihat sesuatu itu mempunyai arti bagi dirinya, maka mereka akan tertarik terhadap sesuatu itu yang pada akhirnya nanti akan menimbulkan kepuasan bagi dirinya.

Dalam kamus psikologi, Chaplin (1999) menyebutkan bahwa interest atau minat dapat diartikan sebagai :

  1. Suatu sikap yang berlangsung terus-menerus yang memberi pola pada perhatian seseorang sehingga membuat dirinya selektif terhadap objek minatnya.
  2. Perasaan yang menyatakan bahwa satu aktivitas pekerjaan atau objek itu berharga atau berarti bagi individu.
  3. Satu keadaan atau satu set motivasi yang menuntut tingkah laku menuju satu arah tertentu.

Dengan mengintip pendapat Layton, Handoyo (2001) mengartikan minat sebagai kesukaan atau ketidaksukaan terhadap sesuatu. Dengan kata lain, minat dapat dilihat atas dasar perbedaan rasa suka terhadap sesuatu hal, pekerjaan, tugas atau suatu kegiatan. Sedangkan Murphy berpendapat, sebagaiman yang dikutip oleh Handoyo, bahwa minat merupakan kondisi rangsang yang terarah sehubungan dengan tujuan yang bermanfaat. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, minat yang berbentuk perhatian yang intens tadi merupakna suatu reaksi organisme, baik yang tampak nyata maupun yang imajiner, yang disebabkan karena rasa suka terhadap suatu objek tertentu. Minat ini mempunyai kecenderungan mempengaruhi perilaku individu dalam aktivitas tertentu. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa minat dalam diri individu sangat penting artinya bagi kesuksesan yang akan dicapai. Individu yang mempunyai minat terhadap suatu objek atau aktivitas berarti ia telah menetapkan tujuan yang berguna bagi dirinya sehingga ia akan cenderung untuk menyukainya. Dari sana kemudian, segala tingkah laku menjadi terarah dengan baik dan tujuan pun akan tercapai (Handoyo, 2001).

Di samping berbagai pengertian di atas, pengertian minat secara harfiah adalah suatu kegiatan organisme yang mengarahkan perhatian dengan sungguh terhadap suatu objek, yaitu objek yang relevan atau mempunyai karakteristik yang serupa dengan objek tertentu. Ada yang mengatakan bahwa hubungan minat dengan motivasi itu bersifat gradual, dimana timbulnya motivasi setelah adanya sikap, dan sikap timbul karena adanya minat. Ada yang mengatakan bahwa minat itu adalah aspek kognitif dari motivasi, dan ada pula yang mengatakan bahwa minat timbul bersamaan dengan motivasi. Ada juga yang justru mengidentikkan minat dengan motivasi. Misalnya, apabila timbul minat terhadap suatu aktivitas berarti ada indikasi motivasi terhadap aktivitas tadi (Handoyo, 2001).

Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa minat adalah suatu kecenderungan seseorang dalam bertingkah laku yang dapat diarahkan unutk memperhatikan suatu objek atau melakukan suatu aktivitas tertentu yang didorong oleh perasaan senang karena dianggap bermanfaat bagi dirinya. Di samping itu, dari beberapa pengertian berikut :

  1. Perasaan sadar dari individu terhadap suatu objek atau aktivitas, karena adanya anggapan bahwa objek aktivitas tersebut bermanfaat bagi dirinya.
  2. Perasaan senang terhadap subjek atau objek ataupun juga aktivitas.
  3. Perasaan sadar dan suka tersebut pada gilirannya akan menimbulkan rasa untuk memperhatikan suatu objek, subjek atau aktivitas.
  4. Dorongan tersebut akan berlangsung secara terus-menerus untuk selalu melakukan aktivitas yang berhubungan dengan objek atau subjek yang diminati, dan
  5. Kuatnya kecenderungan individu untuk memberikan perhatian terhadap objek, subjek atau aktivitas yang memuaskan dan memuaskan dan bermanfaat bagi objek, subjek atau aktivitas tersebut (Handoyo, 2001).

Faktor Timbulnya Minat

Faktor timbulnya minat, menurut Crow and Crow (1982) dalam Purwanto (2004), terdiri dari tiga faktor :

  1. Faktor Dorongan Dari Dalam

Yaitu rasa ingin tahu atau dorongan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan berbeda. Dorongan ini dapat membuat seseorang berminat untuk mempelajari ilmu mekanik, melakukan penelitian ilmiah, atau aktivitas lain yang menantang.

  1. Faktor Motif Sosial

Yakni minat dalam upaya mengembangkan diri dari dan dalam ilmu pengetahuan, yang mungkin diilhami oleh hasrat unutk mendapatkan kemampuan dalam bekerja, atau adanya hasrat untuk memperolah penghargaan dari keluarga atau teman.

  1. Faktor Emosional

Yakni minat yang berkaitan dengan perasaan dan emosi. Misalnya, keberhasilan akan menimbulkan perasaan puas dan meningkatkan minat, sedangkan kegagalan dapat menghilangkan minat seseorang.

Aspek  Minat

Krathwolh dkk dalam Purwanto (2004) mengemukakan bahwa minat termasuk dalam afektif (istilahnya Bloom). Taksonomi afektif Bloom dalam Notoatmodjo (2007), ini meliputi lima kategori :

  1. Penerimaan (receiving) yang terdiri dari sub-kesadaran kemauan    untuk menerima perhatian yang terpilih. Merupakan masa dimana kita menerima rangsangan melalui panca indra.
  2. Menanggapi (responding) yang terdiri dari sub-kategori persetujuan untuk menanggapi kemauan dan kepuasan.
  3. Penilaian (valuting) yang terdiri dari sub-kategori penerimaan, pemilihan dan komitmen terhadap nilai-nilai tertentu.
  4. Organisasi (organization) yaitu kemampuan dalam melakukan penyusunan langkah terhadap nilai baru yang diterima.
  5. Pencirian (characterization)  kemamuan dalam memahami ciri dari nilai baru yang diterima.

Kondisi Yang Mempengaruhi Minat

Menurut Hurlock (1999), ada beberapa kondisi yang mempengaruhi minat, diantaranya :

1.       Status Ekonomi

Status ekonomi membaik, orang cenderung memperluas minat mereka untuk mencakup hal yang semula belum mereka laksanakan. Sebaiknya, kalau status ekonomi mengalami kemunduran karena tanggung jawab keluarga tatu usaha yang kurang maju, maka orang cenderung untuk mempersempit minat mereka. Menurut Benyamin Luminto (1998), bahwa tingkat pencapaian pelayanan medis ditentukan oleh biaya yang meningkat, sehingga faktor ekonomi menjadi penyebab naik turunya tingkat pemanfaatan fasilitas pelayanan kesehatan, terutama oleh si miskin.

2.       Pendidikan

Semakin tinggi dan semakin formal tingkat pendidikan yang dimiliki seseorang maka semakin besar pula kegiatan yang bersifat intelek yang dilakukan. Seperti yang telah dikutip Notoatmodjo (1997) dari L. W. Green mengatakan bahwa “jika ada seseorang yang mempunyai pengetahuan baik, maka ia mencari pelayanan yang lebih kompeten atau lebih aman baginya”.

3.       Situasional (orang dan lingkungan)

Berhubungan dengan ancaman konsep diri terhadap perubahan status, adanya kegagalan, kehilangan benda yang dimiliki, dan kurang penghargaan dari orang lain.

4.       Keadaan Psikis

Keadaan psikis yang mempunyai pengeruh paling besra terhadap minat adalah kecemasan. Kecemasan merupakan suatu respon terhadap stres, seperti putusnya suatu hubungan yang penting atau bencana yang mengancam jiwa. Kecemasan juga bisa merupakan suatu reaksi terhadap dorongan seksual atau dorongan agresif yang tertekan, yang bisa mengancam pertahanan psikis yang secara normal menngendalikan dorongan tersebut. Pada keadaan ini, kecemasan menunjukkan adanya pertentangan psikis. Kecemasan bisa timbul secara mendadak atau secara bertahap selama beberapa menit, jam atau hari. Kecemasan bisa berlangsung selama beberapa detik sampai beberapa tahun. Beratnya juga bervariasi, mulai dari rasa cemas yang hampir tidak tampak sampai letupan kepanikan (Perry, 2003).

Menurut Kartono (2006), kecemasan disebabkan oleh beberapa dorongan seksual yang tidak mendapatkan kepuasaan dan terlambat, sehingga mengakibatkan banyak konflik batin. Menurut Hartoyo (2004), bahwa stressor pencetus kecemasan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu :

  1. Ancaman terhadap integritas fisik, meliputi ketidakmampuan fisiologis yang akan datang atau menurunnya kapasitas untuk melakukan aktivitas hidup keseharian.
  2. Ancaman terhadap sistem diri, dapat membahayakan identitas, harga diri, dan fungsi integritas sosial. Faktor internal dan eksternal dapat mengancam harga diri. Faktor eksternla meliputi : kehilangan nilai diri akibat kematian, cerai, atau perubahan jabatan. Faktor internal meliputi: kesulitan interpersonal di rumah atau tempat kerja.

Kecemasan mempunyai beberapa akibat, diantaranya :

  1. Perilaku

Gelisah, ketegangan fisik, tremor, gugup, menarik diri dari hubungan interpersonal, menghalangi, melarikan diri dari masalah.

  1. Kognitif

Perhatian terganggu, konsentrasi buruk, pelupa, salah dalam memberikan penilaian, hambatan berpikir, kreativitas menurun, bingung, kehilangan kontrol, takut kehilangan atau kematian.

  1. Afektif

Mudah terganggu, tidak sadar, gelisah, tegang, gugup, ketakutan, dan gelisah (Hartoyo, 2004).

Cara Mengukur Minat

Minat diukur dengan menggunakan kuesioner atau dengan menggunakan wawancara. Dalam TRA (Theory of Reasoned Action), minat merupakan bagian dari intense sehingga belum nampak kegiatannya dan tidak dapat dilakukan observasi secara langsung (Fishben, 1975). Hasil pengukuran minat menurut Ajzen (1996), dapat dikategorikan menjadi minat tinggi (67 – 100%), minat sedang (34 – 66%), dan minat rendah (0 – 33%).

  1. hia
    April 26, 2010 at 8:25 am

    Bukunya bisa didapatkan dimana Mas???

    Balas ke blog saya.

    Terima kasih.

  2. May 6, 2010 at 1:30 am

    assalamu’alaikum. af sumber referensi bukunya dari mana ya..? soalna dapus’y bwt skripsi saya. tlg lampirin yah… ma’aciii

  3. enik
    May 9, 2010 at 7:38 am

    mas bisa kasih tau cara mendapatkan bukunya???
    kirim di e-mail saya ya??

    • ina
      January 19, 2011 at 2:48 pm

      mas tlg kasih tw judul bukunya……krim ke email saya z…mkch.

  4. rafi
    August 7, 2010 at 9:18 am

    bagus bacaaanya..tp bisa tolong di info dari mana aja referensinya…(daftar pustaka..tks

  5. NYIMZ
    September 25, 2010 at 1:24 am

    TOLONG DONG MINTA REFERENSINYA??? THANKSS

  6. poppy
    October 21, 2010 at 5:39 am

    mas tolong referensinya dong, judul2 buku tentang minat.. please.. aq lagi nyusun skripsi nih…tolong yahh…

    • dessy
      November 11, 2010 at 2:31 am

      askum poppy…dah tau ta bkunya tingkatan minat??
      aq juda lgi nyari.thanks

  7. dessy
    November 11, 2010 at 2:29 am

    tlng literaturnya dong

  8. vu
    December 12, 2010 at 11:27 am

    tlg dng referensi buku2nya apa aja???
    butuh bgt nih ukt tugas..
    thx b4

  9. azmut muth
    January 29, 2011 at 1:23 am

    tolong dunk minta referensinya

  10. February 3, 2011 at 9:20 am

    Mz tlg ksh tau referensiny darimana.saya butuh banget nih. .tlg diblz z

  11. alia
    February 3, 2011 at 10:57 am

    minta referensinya

  12. February 4, 2011 at 4:22 am

    Mz tlg kasih tau judul bukunya ya, q butuh banget nich. .tlg bls ke email saya.mkch sblmny. .

  13. dina
    February 9, 2011 at 7:49 am

    bisa minta refrensinya ga?
    maksi soalnya penting banget bwt skripsi

  14. Nasha Bahasoean
    February 19, 2011 at 2:37 am

    Saya butuh referensinya, bisa kirim ke email saya?

  15. astri
    February 26, 2011 at 12:41 am

    mas tolong kasih tau judul bukunya yaw…
    kirim ke emailku..pliiiiis….

  16. Puji
    March 2, 2011 at 6:02 am

    Sya minta daftar pustaka bukunya bisa g??
    Btuh bgt bwt TA neh.. Dkrim d email sya saja. Thx,

  17. syifa
    March 3, 2011 at 12:03 am

    tulisannya bagus… tp dr buku apa aja?
    tolong kirim dapus’y ya.. ke email ja.
    ifa_cantiek@yahoo.co.id
    terima kasih.

  18. astri
    March 7, 2011 at 4:35 am

    bagi yang udah tau referensinya plis kasih tau akuuuu….
    astri_0810@yahoo.com

  19. ismaulidia nurvembrianti
    March 26, 2011 at 3:17 pm

    sngat membantu sya dlam mengerjakan tgas..
    referensi nya ya mas’ untuk dapus saya.. tQ

  20. melissa
    April 10, 2011 at 4:45 pm

    butuh refrensinya ni mas..
    tlg email yaa ..plisss..
    tqu..

  21. jefri
    April 26, 2011 at 10:04 am

    saya butuh daftar pustakanya. Tlong kirim ke email saya ya! Please..
    jeff_jaya@rocketmail.com
    thnks so much.

  22. mira
    May 25, 2011 at 11:46 am

    tlg k kirim referensi bukunya…………….

  23. vieta.dyan@yahoo.co.id
    May 30, 2011 at 5:12 am

    maz saya minta daftar pustakaxa… buku yg terbaru judulnya apa, th brp? trimzz..
    tlong dkirim k email saya vieta.dyan@yahoo.co.id

  24. Anonymous
    July 17, 2011 at 10:38 am

    buku nya c apah judulnya yang minat tuw…

  25. Anonymous
    October 17, 2011 at 9:36 pm

    tolong bagi daftar pustakanya dong, ke giagravida@yahoo.com.

  26. arum setyaningsih
    November 12, 2011 at 1:34 am

    mas, boleh minta refrensi daftar pustakanya apa saja….??? tolong di email ke ke ayum_setya@yahoo.com untuk bahan skripsi…mkasie sebelumnya…

  27. Anonymous
    November 26, 2011 at 6:31 am

    aslamualaikum… mas daftar pustakanya dapat dari mana….??????aku butuh buat KTI klo boleh aku minta dikirimi ke vane_adzkiya@yahoo.co.id
    mksh sblumnya,,,

  28. Anonymous
    December 29, 2011 at 9:03 am

    iya ni bagus2 gak ada refrensinya

  29. moii
    February 18, 2012 at 12:07 am

    minta referensi nya yya mz… klo boleh tlg d emailkan yya… thkz…

  30. Susilowati.bk.reg.08@gmail.com
    February 28, 2012 at 4:08 pm

    tolong referensi donk.
    kirim ke email saya susilowati.bk.reg.08@gmail.com

  31. ida
    March 6, 2012 at 2:27 pm

    tlong referensinya apa ya,,,, butuuuh bget…
    ida.ratna_9031@yahoo.com

  32. March 31, 2012 at 1:23 am

    assalamu’alaikum
    bagi yang sudah tau buku referinsinya tolong kasih tau ya? tolong kirim ke vembri.irawati@yahoo.com
    tolong banget, sangat sangat sangat butuh. terimakasih

  33. lia
    May 7, 2012 at 5:55 am

    selamat siang mas,
    Boleh tw referensinya dari mana?
    Saya butuh untuk bacaan bwt skripsi saya,
    Terimakasih

  34. Anonymous
    September 4, 2012 at 2:47 pm

    ismaulidia nurvembrianti :
    sngat membantu sya dlam mengerjakan tgas..
    referensi nya ya mas’ untuk dapus saya.. tQ

    vembriirawati (@vembripem) :
    assalamu’alaikum
    bagi yang sudah tau buku referinsinya tolong kasih tau ya? tolong kirim ke vembri.irawati@yahoo.com
    tolong banget, sangat sangat sangat butuh. terimakasih

  35. ermitia
    December 3, 2012 at 4:55 am

    kalo ada yang dapet tinjauan pustaka tentang minat dan cara mengukur nya, tolong bagi2 yah…
    skripsi nyangkut ni gan,gara2 tipus minat dikit banget,,,

    • creasoft
      December 21, 2012 at 12:42 am

      Untuk mendapatkan referensinya anda bisa menghubungi kami melalui info@morningcamp.com Thx

  36. December 10, 2012 at 7:43 am

    yaaaappp betulll MINAT itu sangat penting untuk dapat hidup secara sehat, bersih dan nyaman …

  37. Anonymous
    April 6, 2013 at 5:48 am

    tolong tampilkan juga penelitian orang tentang minat untuk bab 2 dan daftar pustaka jg ditampilkan ya………… makasih

  38. Elsa
    September 4, 2013 at 3:16 pm

    Mas tolong kasiitahu referensinya dunk yang tentang pengukuran minat oleh ajzen 1996 tu. Please krim ke email aku ya. elsapoisonivy@yahoo.co.id

  39. Anonymous
    September 5, 2013 at 2:55 am

    saya butuh referensinya, tlng kirim ke email saya irma_suryani21@yahoo.co.id

    terima kasih sebelumnya

  40. Anonymous
    September 22, 2013 at 8:34 am

    wahh baguss.. saya boleh minta refrensinya hehe

  41. Anonymous
    November 20, 2013 at 2:14 am

    saya boleh minta refrensinya bt kti saya???tolong kirim emaik saya afifah.asyifah@gmail.com

  42. May 22, 2014 at 2:25 pm

    minta referensinya
    dong , butuh banget please
    tolong kirimke yohanapertiwi680@gmail.com

  43. October 22, 2014 at 8:41 am

    aq jg mnta o refrensinya, dishere y ke aq… samsurahmatullahs@yahoo.com

  44. January 30, 2015 at 6:53 am

    minta referensinya dong min, please !!

  45. Renisa Utari
    May 7, 2015 at 8:42 am

    kalo boleh tau referensinya dong buat kti sya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: