Home > Uncategorized > Pentingnya Pengetahuan Diet Demam Thypoid

Pentingnya Pengetahuan Diet Demam Thypoid


Oleh Siti Rasmillah Tahun 2009

Typhoid adalah suatu penyakit pada usus yang menimbulkan gejala-gejala sistemik yang disebabkan oleh salmonellaOrganisme ini masuk melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh faeses dan urine dari orang yang terinfeksi kuman salmonella typhosa, salmonella type A.B.C. penularan terjadi secara per oral, oral melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Demam tifoid disebabkan oleh Salmonella thypi dan Salmonella parathypi. Salmonela merupakan bakteri gram negatif berbentuk batang yang termasuk dalam famili Enterobacteriaceae. Salmonella memiliki karakteristik memfermentasikan glukosa dan mannose tanpa memproduksi gas, tetapi tidak memfermentasikan laktosa atau sukrose. Seperti Enterobacteriaceae yang lain Salmonella memiliki tiga macam antigen yaitu antigen O (tahan panas, terdiri dari lipopolisakarida), antigen Vi (tidak tahan panas, polisakarida), dan antigen H (dapat didenaturasi dengan panas dan alkohol). Antigen ini dapat digunakan untuk pemeriksaan penegak diagnosis.

Ketidakpatuhan penderita penyakit thypoid dalam menjalankan diet disebabkan karena rendahnya pengetahuan keluarga. Rendahnya pengetahuan keluarga tentang diet penyakit thypoid berdampak pada sajian menu makanan untuk penderita tidak berdasarkan pada diet yang telah ditetapkan untuk penderita thypoid. Kebanyakan keluarga penderita Thypoid beranggapan bahwa diet pada penderita thypoid hanya tentang makanan yang lunak saja, namun karena  terbatasnya pengetahuan keluarga seringkali penderita thypoid tetap diberi diet tinggi serat. Pengetahuan yang salah tentang diit penyakit thypoid dapat menyebabkan terjadinya kekambuhan pada penderita penyakit thypoid.

 

Categories: Uncategorized
  1. January 20, 2012 at 9:33 am

    ya trmksh……………………

  2. May 4, 2013 at 1:48 pm

    wah kita sendiri harus mampu menjaga kesehatan agar tidak kena penyakit thypoid …

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: