Home > DDST > DDST : Indikator Perkembangan Anak Usia 12 bulan – 14 bulan

DDST : Indikator Perkembangan Anak Usia 12 bulan – 14 bulan


  • Dapatkah anak anda membedakan anda dengan orang yang belum ia kenal? Ia dapat menunjukkan sikap malu-malu atau ragu-ragu pada saat permulaan bertemu dengan orang yang belum dikenalnya.
  • Jika anak anda memungut benda kecil seperti kacang, apakah ia mengambilnya dengan meremas di antara ibu jari dan jarinya seperti yang terlihat pada gambar?

  • Dapatkah bayi anda duduk sendiri tanpa bantuan?
  • Sebutkan dua atau tiga kata yang dapat ditiru oleh bayi anda (tidak perlu kata-kata yang lengkap). Menurut pendapat anda, apakah ia mencoba meniru kata-kata tadi?
  • Tanpa anda menggerakkan tangan bayi anda, dapatkah ia mempertemukan dua balok kecil? Kerincian bertangkai dan tutup panci tidak ikut dinilai.
  • Dapatkah anak anda jalan sendiri atau jalan dengan berpegangan?
  • Tanpa bantuan dapatkah anak anda bertepuk tangan atau melambai-lambai? (Jawablah TIDAK jika ia membutuhkan bantuan)
  • Dapatkah anak anda mengatakan “pa-pa” jika ia memanggil atau melihat ayahnya?
  • Dapatkah anak anda mengatakan “ma-ma” jika ia memanggil atau melihat ibunya?  (Jawablah YA jika anak anda mengatakan salah satu diantaranya)
  • Dapatkah anak anda berdiri tanpa berpegangan selama kira-kira 5 detik?
  • Dapatkah anak anda berdiri tanpa berpegangan selama 30 detik atau lebih?
  1. santi
    May 25, 2008 at 9:55 am

    ya

  2. santi
    May 25, 2008 at 9:59 am

    saya mau tanya, anak saya umur 14 bulan tetapi dia sangat tempramental, dan super cuek… apa itu normal aja prkembanganya… trims

  3. creasoft
    May 26, 2008 at 3:00 am

    Kalo masalah temperamen jika bukan bawaan, sangat mungkin ia sering dilarang-larang saat ia bereksperimen terhadap obyek baru… coba beri kelonggaran sedikit

    Anak yang cuek belum tentu menunjukkan kelainan, jika cueknya bukan disebabkan karena ia hanya selalu fokus pada suatu obyek tidak masalah, tapi jika cueknya disebabkan karena ia hanya fokus pada suatu obyek tertentu…entah barang atau kegiatan…dan pandangannya terlihat kosong dan tetap cuek saat diberi mainan lain dengan warna mencolok, mungkin sebaiknya anda konsulkan ke psikolog.

  4. ratna noerhayati
    January 1, 2010 at 10:29 am

    ya

    • creasoft
      January 1, 2010 at 12:38 pm

      ??

  5. Lussi kusumahwardhani
    February 2, 2010 at 11:56 am

    anaku selalu lincah dan teu bisa di carek

  6. dinar
    July 7, 2010 at 4:52 am

    Saya ibu bekerja, dirumah anak saya bersama Ayahnya (wiraswasta di rumah), nenek dan pengasuh bayi. Anak saya 13 bulan. Pertanyaan saya, kenapa ya kok anak saya klo lagi sama saya, entah itu makan atau bermain malah jadi cengeng, kemauannya hrs diturutin klo nggak nangis, sebentar2 nangis. Tapi klo sama orang rumah kliatan dia malah biasa2 aja. Kadang saya merasa bersalah, apa gara2 saya jarang ketemu dia. Mohon sarannya juga. Makasih ^^

    • Anonymous
      October 14, 2010 at 11:51 pm

      mungkin anak ibu mencari perhatian tang lebih pada ibbu karena waktunya bertemu dengan ibu sedikit dibanding dengan orang rumah… coba diskusikan dengan suami ibu dan berikan pengertian pada anak ibu.

  7. ayu
    February 18, 2011 at 2:34 am

    anakq usia setahun tapi belum bisa bicara normalkah..
    mohon saringnya.. trims.

  8. santy
    April 1, 2011 at 4:55 pm

    anak saya 13 bulan, dia sudah berjalan dr umur 11 bulan tapi dia masih suka nangis kalo bertemu dgn orang yang baru dia lihat/ kenal…gimana ya caranya supaya dia bisa lebih baik dalam bersosialisasi dgn orang lain? padahal suka diajarin qo…

  9. elijantini
    May 15, 2011 at 12:11 pm

    anak teman saya umur 14 bulan, berat badan hanya 7 kg. sampai saat ini belum bisa bangun atau duduk sendiri, jadi harus didudukkan. juga susah makan. jika disuapi makanan tidak ditelan tapi dikeluarkan lagi dari mulutnya. selama inisetiap harinya hanya menyusu ibunya dan makan bubur promina itupun cuma 2 sendok makan. yang saya heran anak tersebut seakan akan tidak pernah merasa lapar. mengapa anak tersebut tidak memiliki nafsu makan.kalau sudah minum asi ibunya ya sudah diam. mohon sarannya

  10. ratih
    June 2, 2011 at 7:47 am

    anak saya usianya 14 bulan, saat ini sudah bisa melakukan semua indikator yang ada di atas bahkan sudah bisa berlari, hanya saja berat badannya hanya 8-8,5 kg.apakah ada kelainan mengingat makannya cukup gizi baik lauk sayur maupun dan jarang pilih-pilih makanan, bahkan saya menggunakan asi berdampingan dengan susu formula. mohon jawabanny

    • ratih
      June 2, 2011 at 7:51 am

      anak saya usianya 14 bulan, saat ini sudah bisa melakukan semua indikator yang ada di atas bahkan sudah bisa berlari, hanya saja berat badannya hanya 8-8,5 kg.apakah ada kelainan mengingat makannya cukup gizi baik lauk sayur maupun buah dan jarang pilih-pilih makanan, bahkan saya menggunakan asi berdampingan dengan susu formula. mohon jawaban serta sarannya

  11. July 3, 2011 at 9:28 am

    ya

  12. sri
    August 24, 2011 at 4:15 am

    ya

  13. boy bram
    November 20, 2011 at 3:26 pm

    anak saya umur 12 bulan,dia lagi belajar jalan lagi aktif-aktifnya.tapi dia belum tumbuh gigi apakh normal untuk seusianya.Soalnya ada anak temenku umur 8 bulan bayinya sudah tumbuh gigi 2,mohon jawabannya.Terimakasih….

  14. Anonymous
    January 15, 2012 at 11:06 am

    anak saya sekarang berusia hampir 14 bulan namun dia masih belum mau berjalan padahal awalnya bisa setelah sakit dan opname dia jadi tidak berani berjalan bagaimana ya????

  15. ina kurniasih
    February 11, 2012 at 4:03 am

    Anak saya 14 bulan dan sudah bisa melakukan semua indikator diatas, tetapi belum bisa jalan sendiri tanpa pegangan, berat badannya skrg 9.5 kg makannya selalu bubur nasi tidak mau nasi biasa, padahal giginya sdh tumbuh 8, mohon jawabannya. trimakasih

  16. shinta
    March 1, 2012 at 2:54 am

    anak saya usia 16 bulan, sudah pandai berjalan, pandai menirukan kata kata, bisa menunjuk anggota badan yg sy sebutkan, (misal rambut, kaki dll). beratnya kira kira 10 kg, tinggi 80 cm, giginya ada 9 buah tp makannya masih nasi tim, krn dia tdk mau nasi kasar, sayur, dagaing dilembutkan, normalkah perkembangan anah saya, oh iaya anak sy laki laki, namanya christoher. Terimakasih.

  17. dwi
    March 19, 2012 at 6:07 am

    apakah anak saya normal kalau setelah di cek ternyata lebih dari 5 jenis tes anak saya tidak bisa melakukan? terima kasih

  18. INO
    September 13, 2012 at 8:01 am

    ya

  19. November 18, 2012 at 12:52 pm

    anak sy usia 14 bln tp kok blm berani jalan, dan kalau berdiri ataupun dituntun jalan kakinya suka berjinjit. Gimana ya caranya supaya anak sy cpet bisa berjalan dg baik

  20. Anonymous
    February 11, 2013 at 7:52 am

    anak saya umur 14 bulan dan sudah bisa melakukan semua indikator diatas, dan sudah bisa menyebutkan semua benda-benda yang ditunjukkan kepadanya dan juga bisa menunjuk anggota tubuhnya yang diperintahkan kepadanya, beratnya 10 kg, dan sudah makan nasi, dia agresif sekali sehingga menuntut pengawasan yang lebih ketat karena suka panjat dan berlari-lari, namun dia menangis apabila awal masuk ke keramaian, setelah lama-lama dia bisa bergabung

  21. Anonymous
    February 13, 2013 at 1:06 pm

    anak saya berumur 12 bulan, namun salah satu dari indikator yang di sebutkan diatas ada yang belum memenuhi, tolong beri saran kepada saya. apa yang harus saya lakukan agar indikator tersebut dapat tercapai semuanya dan berat badan anak saya 9,5 kg mempengaruhi dlam kegiatan belajar berjalannya atau tidak??

  22. kristina
    August 10, 2013 at 3:53 pm

    1. Anak saya dapat membedakan orang yang belum dikenal dengan saya orang tuanya.
    2. Iya anak saya dapat memungut benda kecil itu seperti kacang, ia mengambilnya dengan
    meremas di antara ibu jari dan jarinya.
    3. Uya anak saya dapat duduk sendiri tanpa bantuan.
    4. Anak saya hanya bisa mengucapkan kata “eh”.
    5. Iya anak saya dapat menggerakan tangannya.
    6. Iya anak saya dapat berjalan sendiri atau jalan dengan berpegangan.
    7. Iya anak saya dapat bertepuk tangan dan melambai – lambai tangannya sendiri, tanpa
    bantuan saya.
    8. Iya anak saya dapat mengatakan “pa-pa”.
    9. Iya anak saya dapat mengatakan “em-ma”.
    10. Iya anak saya dapat berdiri sendiri tanpa berpegangan selama kira-kira 5 detik.

    bagaimana perkembangan anak saya seperti itu dok ?

  23. rista
    January 2, 2014 at 12:56 pm

    Ankku 14 bulan tgl 21 besuk,tapi dia belum jln sudh pernah mencoba 4 langkah tapi cepet ß⌣ªª⌣и̲̮̣̥̅̊ƍêt langsung ngabrus A̸ɑ̳̿ yagn åϑå didepannya,,ketrampilan berbicaranya udh lumayan bnyk bahkan menirukan suara2 hewan atao orang berbicara ,,,apakah. Kemampuan berjalannya termasuk lambat?

    • creasoft
      January 3, 2014 at 1:00 am

      Sesuai dengan waktunya memang saatnya anak ibu untuk belajar berjalan, ibu harus sabar dalam melatih anak dan harus menyenangkan… memang kadangkala membutuhkan kesabaran tinggi.. jadi sabar bu… selamat berlatih…

  24. warenawati
    February 25, 2015 at 1:04 pm

    Anak saya umur 14 bln kok belum bisa berjalan. Tapi anak saya sudah bisa rambatan berpegangan. Jika saya titah dia gak mau. Kalau pegangannya dilepas hanya bertahan selama 1 detik saja. Apa yg harus saya lakukan agar anak saya bisa berdiri tanpa berpegangan dan berjalan sendiri..

  1. January 10, 2009 at 2:10 am

Leave a comment